Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara Gelar Bazar, Antisipasi Gejolak Harga Pangan

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara Gelar Bazar, Antisipasi Gejolak Harga Pangan
Bazar pangan murah digelar oleh Dinas Pertanian dan
Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara
.


Jawapes, Banjarnegara - Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara menggelar Bazar pangan murah, Jumat (4/11/2022) di halaman Kantor Kecamatan Bawang guna mengatasi gejolak harga pangan dan mewujudkan ketahanan pangan. Untuk itu dengan adanya Bazar pangan murah, diharapkan dapat menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok yang strategis.Termasuk mewujudkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat yang terkendala akibat kondisi inflasi dan kenaikan harga BBM.

Adanya Bazar pangan seperti ini, warga sangat antusias dan merasa terbantu dengan harga-harga yang relatif lebih murah seperti beras, cabai dan lainya di banding harga pasaran. 

"Ini asal mulanya dari kegiatan untuk menstabilkan harga pangan dan ketersediaan serta salah satu poin untuk penekanan inflansi, makanya kita membuat suatu kerjasama baik dengan Bulog, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dan lainya untuk membantu dan menyediakan beras dengan harga yang terjangkau. Gabah Kering Giling (GKG) kita sekarang itu saja sudah sampai dikisaran harga 6.200," ujar Erwien Indratmoko selaku PLT Ketahanan Pangan Dinas Pertanian.

Kegiatan yang digelar di Kecamatan Bawang ini, dilaksanakan hanya 1 hari saja namun nantinya dalam waktu dekat ini kita juga akan menyelenggarakan Bazar pangan murah pada tanggal 18 November 2022 di Alun-alun Kabupaten Banjarnegara yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Korpri. 



"Inflasi itu sekarang kalau tidak salah berada di angka 5 dan mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini di tiap Kabupaten/Kota mudah-mudahan bisa menekan inflasi itu sendiri," jelasnya.

Pada kesemptan yang sama, Rasiwan selaku Pimpinan Cabang Bulog Banyumas menyampaikan, dalam hal ini kami sebagai Lembaga Pangan tentu berkomitmen untuk menjaga kestabilan harga pangan di wilayah kerja saya di 4 Kabupaten, diantaranya Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas dan Cilacap. 

"Kegiatan ini secara Marathon bergiliran di dalam pelaksanaan kegiatan pasar murah, dan ini bentuk komitmen kami berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah di Kecamatan Bawang," katanya.

Kami pun berterima kasih sudah disediakan tempat dan tentu kordinasi kepada masyarakat untuk bisa hadir di tengah masyarakat bahwa untuk kesediaan pangan pokok, khususnya masih aman terkendali dan stok kami di gudang Bulog saat ini juga masih sangat cukup untuk kebutuhan menjelang akhir tahun di 2022. 

"Secara sirklus di Indonesia biasanya di akhir tahun ini, masa paceklik, masa tanam. Jadi ini sudah kami antisipasi dengan kegiatan pasar murah termasuk juga dampak kenaikan BBM, mudah-mudahan dengan kegiatan ini secara kontinue sampai akhir tahun bisa membantu masyarakat dan meyakinkan masyarakat bahwa bahan pokok dalam posisi aman," pungkas Pimpinan Bulog Cabang Bnyumas.(Baskoro)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama