Bupati Banyumas Resmikan Desa Wisata Tamansari dan Launching Komik Raden Kamandaka

Bupati Banyumas Resmikan Desa Wisata Tamansari dan Launching Komik Raden Kamandaka
Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein saat meresmikan Desa Wisata Tamansari.


Jawapes, Banyumas - Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein meresmikan Desa Wisata Tamansari dan Melaunching Komik Babad Pasir Luhur "Raden Kamandaka", Sabtu (19/11/2022) di GOR Desa Tamansari Kecamatan Karanglewas. Kepala Desa Tamansari Burhanudin Harahap dalam sambutannya mengaku senang, bahwa keinginannya membangun Desa Wisata di Desa Tamansari disambut baik dan didukung oleh Bupati Banyumas.

"Peresmian dan Launching Komik Babad Pasir Luhur ini merupakan moment yang sangat tepat, dengan adanya hal ini semoga dapat memberikan nilai-nilai kepada generasi muda untuk tetap ingat kepada budayanya sendiri," tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya Desa Wisata ini, harapan ekonomi masyarakat dapat berkembang dan maju. Apalagi dengan bantuan para Stakeholder dan pegiat yang membantu mengembangkan potensi yang ada.

Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein juga mengatakan, bahwasannya sejarah Tamansari bukan merupakan sejarah yang biasa, karena sejarah berdirinya Banyumas dimulai dari sini.


"Desa ini dapat dikembangkan agar lebih dikenal oleh masyarakat dengan membuat sesuatu yang unik, bisa juga memberikan sajian tarian. Dan hal ini dapat disinkronkan dengan Dinas Pariwisata serta CSR-CSR dari para Stakeholder," katanya.

Seperti diketahui, Raden Kamandaka atau Banyak Blabur memiliki kaitan yang erat dengan sejarah Kabupaten Banyumas. Dan Desa Tamansari menjadi salah satu tempat sejarah hidup dan berdirinya Kerajaan Pasir Luhur dengan Petilasan Carangandul dan Putri Bungsu Ciptarasa yang terkenal.

Sementara itu, Husein juga menjelaskan alasan pemilihan komik untuk cerita Raden Kamandaka, karena dirasa akan lebih ringan dibaca dan mudah dipahami oleh masyarakat.

"Komik yang ada sudah ada 3, yaitu Babad Banyumas, Raden Kamandaka dan Bung Karno yang saat ini sedang dalam proses review keluarga Bung Karno," ucapnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa komik yang selama ini dibuat mengenai Banyumas menjadi cinderamata yang diberikan kepada tamu-tamu daerah dan Pejabat serta mereka semua mengapresiasi dengan baik.(Cpt)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama