Ribuan Bonek Surabaya turut berduka Gelar aksi Pray For Kanjuruhan

Ribuan massa yang terkenal dengan militansi dan rivalitasnya terhadap Aremania
militansi dan rivalitasnya terhadap Aremania

 

Jawapes Surabaya - Malam yang dingin senin malam (03/10/22) tak menghalangi ribuan bonek "tumpek  blek " memenuhi jalan depan tugu pahlawan yang berseberangan dengan kantor gubernur Jatim. 

Ribuan massa yang terkenal dengan militansi dan rivalitasnya terhadap Aremania itu kini luruh dan turut berduka akibat tragedi di stadion Kanjuruhan yang menewaskan ratusan korban suporter Aremania dan 2 anggota kepolisian. 


Malam itu luruh sudah segala rivalitas, yang ada adalah solidaritas dari Bonek dan duka untuk korban tragedi Kanjuruhan. 

Acara yang digelar tersebut selain dihadiri para Bonek turut hadir juga Kapolrestabes Surabaya Kombes. Pol. Akhmad Yusep Gunawan, S.H., S.I.k. Tampak hadir juga Ketua Dprd surabaya Adisutarwijoyo yang turut menyalakan lilin pada malam itu bersama Kombes.Pol Ahmad yusep beserta perwakilan bonek.


Bonek turut hadir juga Kapolrestabes Surabaya Kombes. Pol. Akhmad Yusep Gunawan, S.H., S.I.k.


Momentum perdamaian.  

Aksi solidaritas ini membuktikan bahwa kemanusian lebih utama daripada sekedar Rivalitas. Aksi ini juga terus menggema dalam jagad dunia maya, juga didaerah lain seperti jember gresik banyuwangi dan daerah lain jatim. Hal ini sedikit banyak mulai mengikis rivalitas suporter, yang ada adalah nilai kemanusian diatas segalanya. 

Tragedi ini cukup menggema dan menjadi perhatian di jagat dunia internasional. Bahkan belasungkawa juga ramai dalam bentuk hastag #pray for kanjuruhan. 


Sementara itu menurut dosen unesa yang juga pemerhati sepak bola Rojil Nugroho Bayuaji S.Hum, M.A mengatakan bahwa solidaritas Bonek, doa Bonek untuk korban Tragedi Kanjuruhan (Polisi dan Aremania) adalah langkah yang sangat positif karena tidak ada sepak bola seharga nyawa. Ini menunjukkan bahwa football for humanity lebih penting daripada rivalitas.


Mezut ozil, Rafi Ahmad hingga Lee Min Ho ikut berbelasungkawa. Dalam jagat dunia maya banyak selebriti ataupun influencer yang ikut menyesalkan dan berbela sungkawa terhadap tragedi ini seperti Krisdayanti, Atta halilintar, Baim wong dan Rafi ahmad, bahkan pesepakbola Jerman yang sekarang bermain di klub Istanbul Turki Mezut Ozil turut mengucapkan belasungkawa dalam akun twitternya, selain itu aktor drama korea lee min ho pun ikut menyesalkan tragedi kanjuruhan tersebut.


Komdis PSSI  tengah investigasi "Tragedi Kanjuruhan". Ketua komdis PSSI Erwin tobing mulai menginvestigasi kasus ini dan menemukan beberapa fakta tentang banyaknya pintu stadion yang tertutup hingga dapat menyebabkan berdesakannya suporter. Namun ini tetap menunggu hingga peyelidikan selesai. 


solidaritas bonek untuk tragedi kanjuruhan

Tetap harus di cari akar masalah dan solusinya.Menurut Rojil Nugroho Bayuaji dosen yang sekaligus pemerhati sepakbola ini berpendapat bahwa Tragedi Kanjuruhan harus diusut tuntas dan diselesaikan untuk mencari akar masalah sepak bola yang seringkali menjadi bencana. Saat ini sudah ada tim investigasi yang sedang bekerja. 


Kita semua berharap hasil investigasi dapat berhasil menuntaskan tugasnya secara obyektif dan baik. Kemudian setelah itu rekomendasi untuk perbaikan penyelenggaraan pertandingan sepak bola yg nyaman, ramah dan menjadi hiburan penuh sportivitas.

(Don)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama