Pemerintah Kabupaten Banyumas Berkomitmen Menuju SAKIP A

Pemerintah Kabupaten Banyumas Berkomitmen Menuju SAKIP A
Penguatan Komitmen Kepala Perangkat Daerah menuju SAKIP A.


Jawapes, Banyumas - Wakil Bupati Banyumas Drs. Sadewo Tri Lastiono didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Wahyu Budi Saptono, Asisten Administrasi Umum Setda Banyumas Agus Nur Hadie dan Kepala Bagian Organisasi Rintawati Sandradewi memberikan penghargaan capaian kinerja Pemerintah Daerah dalam acara Penguatan Komitmen kinerja Kepala Perangkat Daerah untuk menuju SAKIP A, Senin (24/10/2022) di Krisna Ballroom Hotel Java Heritage Purwokerto. 

Dalam laporannya Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Banyumas Rintawati Sandradewi mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman yang sama dan kepedulian pada jenjangnya serta dapat membangun komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas implementasi SAKIP.

"Saat ini Kabupaten Banyumas telah memperoleh nilai 76,47 dengan predikat BB untuk SAKIP dan 71,12 dengan predikat BB untuk RB, hasil penilaian tersebut membuat Banyumas menduduki peringkat pertama pada penilaian SAKIP dan RB di Provinsi Jawa Tengah," jelasnya.



Dalam rangka persiapan evaluasi SAKIP, Wabup Sadewo menghimbau seluruh Kepala Perangkat Daerah di Kabupaten Banyumas untuk memastikan dokumen SAKIP sudah berkualitas dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pelajari dan pahami materi tentang SAKIP termasuk pelajari apa yang diperjanjikan dan bagaimana penetapan targetnya, pastikan semua jajaran Kepala Daerah masing-masing sudah memahami dan mempunyai komitmen yang sama terhadap pencapaian SAKIP serta semua Kepala Perangkat Daerah harus siap memaparkan implementasi.

"Saya yakin dengan kerjasama dan sinergitas dari segala pemangku kepentingan, Insha Allah pada tahun 2022 serta peningkatan kualitas pelayanan pada masyarakat dapat kita wujudkan," pintanya.

Sementara Penghargaan Capaian Kinerja Perangkat Daerah diberikan dengan 3 penilaian, yakni penilaian SAKIP, RB dan JEGOS. Penilaian SAKIP tingkat Badan/Dinas kategori terbaik 1 dimenangkan oleh Inspektorat Daerah dengan nilai 92,10, terbaik 2 dimenangkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan nilai 90 dan terbaik 3 dimenangkan oleh Bappedalitbang dan Dinas Perhubungan dengan nilai 89,25. 

Sedangkan penilaian SAKIP tingkat Kecamatan, dengan kategori terbaik 1 diraih oleh Kecamatan Purwokerto Barat dengan nilai 86,75, terbaik 2 diraih oleh Kecamatan Rawalo dengan nilai 85,50 dan terbaik 3 diraih oleh Kecamatan Jatilawang dengan nilai 85. 

Untuk pemenang RB Peringkat 1 diraih oleh RSUD Ajibarang dengan nilai 14,6, peringkat 2 diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan nilai 14,6 dan peringkat 3 diraih oleh Inspektorat Daerah dengan nilai 14,22. 

Kemudian Penghargaan Terjegos tingkat Dinas/Badan dengan kategori Terjegos 1 diraih oleh RSUD Banyumas, kategori Terjegos 2 diraih oleh Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP) dan kategori Terjegos 3 diraih oleh Dinas Pemuda Olah Raga Budaya dan Pariwisata. Selanjutnya tingkat Kecamatan kategori Terjegos 1 diraih oleh Kecamatan Kemranjen, kategori Terjegos 2 diraih oleh Kecamatan Purwokerto Timur.dan kategori Terjegos 3 diraih oleh Kecamatan Sumpiuh.(Cpt)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama