Optimalkan Perlindungan Anak, Fasilitator Masyarakat Dibekali Pelatihan

Optimalkan Perlindungan Anak
Sekdis DP3APPKB Situbondo memberikan sambutan dan arahan kepada peserta pelatihan

 

Jawapes, SITUBONDO - Dalam upaya memberikan jaminan layanan kesejahteraan dan perlindungan terhadap hak-hak anak secara maksimal, maka diperlukan adanya sumber daya fasilitator.


Maka untuk menguatkan kapasitas fasilitator masyarakat dalam pengasuhan anak, pihak LPA Jatim yang didukung oleh Unicef RI menjalin kerja-sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk  dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Situbondo melaksanakan "Pelatihan Fasilitator Tentang Pengasihan Positif dan Mekanisme Layanan Perlindungan Anak di lantai II gedung PKK, Senin (3/10/2022)


Pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan selama 2 hari, yaitu mulai tanggal 3 sampai 4 Oktober 2022. Kemudian, diikuti sekitar 50 peserta yang berasal dari 5 desa. Yakni Desa Gelung, Duwet, Tlogosari, Olean serta Desa Curah Jeru.


Saat ditemui di tempat pelatihan, Sekdis DP3APPKB Situbondo M. Nur Hidayat menyampaikan dukungan terhadap pelaksanaan pelatihan ini. Dan nantinya para fasilitator akan mendampingi masyarakat di daerahnya masing-masing.                                 


"Ada beberapa desa yang sudah ditunjuk mengikuti pelatihan. Mereka mewakili daerah pegunungan, perkotaan dan pesisir. Jadi lingkungannya itu berbeda-beda. Dari hasil pelatihan selama 2 hari, mereka nantinya akan mampu mengembangkan sendiri di desanya," jelasnya.                      


Menambahkan Sekdis DP3APPKB, selain itu dengan pelatihan dan kerjasama ini dari berbagai pihak, maka dapat memberikan sosialisasi terhadap masyarakat agar lebih memperhatikan hak anak-anak.


"Pola pengasuhan yang baik, kesadaran masyarakat dan saling melindungi diharapkan kekerasan terhadap anak akan berkurang dan bahkan tidak ada. Nantinya pertumbuhan dan perkembangan anak akan bisa optimal. Stop kekerasan pada anak," tegas Nur Hidayat. (Fit/Fin)


Pembaca

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama