Hari Lansia Internasional Tahun 2022, Puskesmas Panji Adakan Layanan Inovasi Oberla

Jawapes.or.id berita Situbondo,Hari Lansia Internasional Tahun 2022
Petugas tim medis melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pasien melalui program Inovasi oberla

 

Jawapes, SITUBONDO - Bertepatan dengan peringatan Hari Lansia Internasional Tahun 2022, Puskesmas Panji melaksanakan program inovasi Oberla (olah-raga bersama lansia) di kantor PAC Muslimat NU, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Sabtu (1/10/2022).


Ditemui awak media, Penanggung jawab program Lansia Puskesmas Panji Robiatul Adawiyah menjelaskan, hari ini bertepatan dengan peringatan hari lansia internasional, Puskesmas Panji adakan kegiatan senam bersama dan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para lansia yang ada di wilayah kerjanya melalui program inovasi oberla. Seperti saat ini sasaran inovasi oberla adalah ibu-ibu pengurus PAC Muslimat NU Kecamatan Panji. 


"Mereka (lansia) setelah mengikuti senam bersama langsung mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis oleh tim medis Puskesmas Panji. Seperti periksa cek tekanan darah, gula darah, kolesterol, cek berat badan dan pengobatan gratis," ujar Wiwik (sapaan akrabnya).


Lebih lanjut, Wiwik mengatakan adanya inovasi oberla ini, tim medis Puskesmas Panji dapat mengontrol kondisi kesehatan para lansia secara intens dan sekaligus sebagai bentuk pemberdayaan. Sebab orang yang sudah lanjut usia (lansia) biasanya rentan terhadap penyakit. 


"Jadi mereka diberdayakan dengan harapan supaya bisa aktif bersosialisasi dan melakukan kegiatan yang positif, seperti olah-raga bersama untuk menjaga kesehatan serta kebugaran," pungkasnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama