Permudah Akses Warga, Pemdes Trate Sugihwaras Perbaiki Jalan Gang Desa



Jawapes, BOJONEGORO - Untuk memperlancar akses masyarakat guna menunjang perekonomian dan kebersihan serta penataan lingkungan diwilayah, Pemerintah Desa Trate, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, membangun infrastruktur jalan rabat beton di setiap gang Desa yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) dengan total panjang keseluruhan 1.787 meter dan lebar 1,25 meter.


Kepala Desa Trate Susilo menjelaskan, pembangunan jalan rabat beton di gang Desa ini dikerjakan secara bertahap mulai beberapa tahun yang lalu, bertujuan agar mempermudah akses jalan warga untuk pertanian dan memperlancar aktivitas warga lainnya. Setelah akses jalannya membaik, maka aktivitas warga pun menjadi lancar. Sebab akses jalan menjadi faktor penting dalam mendistribusikan hasil pertanian yang menjadi sumber mata pencaharian warga masyarakat di Desa Trate. 


"Dengan diperbaikinya jalan gang Desa manfaat untuk masyarakat yang jelas banyak sekali dari mulai membawa pupuk ke sawah membawa hasil panen ke rumah saat ini sangat mudah, yang dulu biasanya cuma dipikul atau disunggi sekarang bisa dinaikkan sepeda motor, kalau dulu jangankan sepeda motor, sepeda ontel saja tidak bisa karena jalannya sangat jelek dan becek," tuturnya, Senin (19/09/2022).


Karena segala aktivitas masyarakat lanjut Kades, dalam sektor ekonomi itu tentu membutuhkan infrastruktur yang memadai, salah satunya yaitu akses jalan. Keberadaan jalan gang Desa dan lingkungan yang layak tentu akan membawa dampak pada kelancaran transportasi dan perekonomian, khususnya warga Desa Trate dan masyarakat Desa lain umumnya.


"Dulu Desa Trate ini termasuk Desa yang kumuh dan kotor, tapi sekarang sudah mulai bersih dan tertata. Paling tidak dengan diperbaikinya jalan di gang gang Desa, segala macam kegiatan warga bisa melewati jalan yang layak," ucapnya.


Kades Trate menambahkan, untuk pembangunan jalan gang Desa meliputi Dusun Krajan, Krajan Lor, Banjarjo, Padas dan Dusun Pencol, pengerjaannya dilaksanakan secara bertahap setiap tahunnya. 


"Setiap tahun pasti disisihkan untuk pengerjaannya dan kita ambilkan dari Anggaran Dana Desa, entah dapat 2 atau 3 gang. Tiap gang juga berbeda panjangnya, ada yang 70 meter 80 meter, 100 meter, 150 meter sampai 190 meter," kata Susilo Kepala Desa Trate.


Darwati salah satu warga Dusun Krajan Desa Trate merasa nyaman dengan adanya rabat beton jalan gang Desa yang ada di lingkungannya, ia menceritakan dulu sebelum diperbaiki jalanan disamping dan belakang rumahnya sangat becek. 


"Sekarang sudah bagus dan lebih nyaman kalau nongkrong disamping rumah, kalau mau main ke tetangga belakang gang juga sudah tidak malas," tuturnya. 


Selain Darwati, Sodik warga Desa setempat juga sangat bersyukur dengan diperbaikinya jalan gang Desa. Karena menurutnya jalan gang sering dilewati oleh warga untuk yasinan, tahlilan, takziah, anak anak mengaji bahkan sering kali dipakai jalan alternatif untuk aktivitas lainnya.


"Selain untuk aktivitas warga pulang pergi kesawah, jalan gang Desa ini bermanfaat disaat ada orang punya hajatan dan jalan poros Desa nya di tutup, masyarakat bisa melewati jalan di gang gang dengan nyaman, karena hampir seluruh jalan gang di Desa Trate ini sudah di cor," katanya. (Land


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama