Permudah Akses Hasil Panen, Pemdes Dayukidul Perbaiki Jalan Usaha Tani

jawapes.or.id - Permudah Akses Hasil Panen, Pemdes Dayukidul Perbaiki Jalan Usaha Tani


Jawapes, BOJONEGORO - Masyarakat Desa Dayukidul, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, kini bisa menikmati jalur transportasi untuk ngangkut hasil tani yang nyaman, yakni Jalan Usaha Tani (JUT). Infrastruktur tersebut berupa jalan batu pedel/makadam sepanjang 920 meter dan lebar 2,5 meter.


Kepala Desa Dayukidul, Siti Mutma'inah S.Pd mengatakan, pembangunan JUT sangat bermanfaat bagi kelangsungan usaha tani di wilayah Desa Dayukidul, antara lain padi, bawang merah, tembakau dan hasil bumi lainnya.


“Yang pasti jalan ini akan memangkas waktu dan biaya para petani. Mereka akan dengan mudah melangsir hasil panen dengan motor dan mobil pick up untuk segera diangkut ke rumah, karena selama ini para petani ngangkut hasil panennya cuma bisa dengan dipikul,” ujar Bu Kades, Senin (12/9/2022).


Ditambahkan, selama ini petani merasa kesulitan untuk mengangkut hasil bumi, karena kondisi jalan yang tidak bagus, licin dan sempit. Selain itu jalan ini juga sebagai akses penghubung warga Dusun Banaran dan Dusun Wadekankidul. 


"Jalan ini memang dari dulu diharapkan warga untuk diperbaiki, karena selain untuk menghubungkan dua Dusun yakni Banaran dan Wadekankidul fungsi utamanya adalah akses perekonomian warga, karena mayoritas warga Desa Dayukidul adalah petani, jadi mulai tahun ini petani Desa Dayukidul khususnya Dusun Banaran bisa bernafas lega dengan dibangunnya JUT di area persawahan mereka,” jelas Kades Dayukidul.


Yunus, salah seorang petani setempat mengaku sangat bersyukur. Saat ditemui awak media di sawahnya dekat lokasi pembangunan, ia menyampaikan rasa syukur dengan dibangunnya JUT tersebut.


“Dulu, jalan ini untuk lewat saja susah, licin, apalagi dimusim penghujan tapi sekarang sudah enak,” ujarnya.


Hal sama juga dikatakan oleh Sugi, warga yang sawahnya berada didekat pembangunan Jalan Usaha Tani tersebut mengungkapkan rasa bahagianya.


"Alhamdulillah mas senang, sekarang kalau panen tidak susah lagi untuk ngangkut hasilnya. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Bu Kades dan Pemkab atas diperbaikinya jalan disekitar sawah saya dan semoga banyak lagi jalan di persawahan lainnya yang diperbaiki," ucapnya dengan senyuman. (Land


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama