Bupati Situbondo Peroleh Penghargaan KDI Kategori Pelayanan Publik Smart Society

Bupati Situbondo menerima penghargaan kepala daerah inovatif (KDI) Tahun 2022

 

Jawapes, SITUBONDO - Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, MM., menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) tahun 2022 untuk kategori pelayanan publik.


Prestasi yang diraih bupati mendapatkan apresiasi, salah satunya dari Kepala Kesatuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Pemerintah Kabupaten Situbondo Buchari S.E.T., Senin (26/9/2022).


Menurut Buchari, Inovasi yang dilakukan oleh Karna Suswandi dianggap mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mutu pelayanan publik. Prinsip dari berbagai inovasi yang dilahirkan oleh Pemkab Situbondo memiliki konsep kerja "PAKEM" (pelayanan Aktif, kreatif, efektif, efisien dan memuaskan).


"Layanan publik Situbondo Smart Society dapat diakses secara online dan sangat memudahkan bagi masyarakat. Kemudian ada program SEHATI (Situbondo Sehat Gratis) yang merupakan salah satu program Bupati Karna Suswandi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis berbasis KTP elektronik bagi masyarakat miskin Situbondo," ucapnya.


Selanjutnya, Buchari menegaskan ada layanan Plasa Situbondo (sistem pelayanan masyarakat desa atau kelurahan Situbondo ). Program tersebut merupakan cikal bakal aplikasi si Pesat (sistem informasi pelayanan masyarakat terpadu) yang digunakan oleh pihak kecamatan dan desa dalam melaksanakan pelayanan administrasi masyarakat. Tak hanya itu, selanjutnya ada inovasi Sipesah (sistem informasi pengendalian sampah), lalu inovasi Simpel Puter (sistem pelayanan publik terpadu), Pelanduk cepat ( pelayanan administrasi kependudukan cetak ditempat), Sipinter (sistem informasi perizinan terpadu) dan lain sebagainya. 


"Saya atas nama pimpinan dan staf Sat Pol PP Situbondo mengucapkan selamat kepada bupati atas penghargaan yang diraih, semoga prestasi ini dapat memberikan motivasi kepada kami dan seluruh staf untuk menambah semangat baru menuju Situbondo berjaya," ujarnya.


Sementara itu, Bupati Situbondo mengucapkan terima-kasih atas apresiasi kepada awak media yang telah ikut serta membantu memberikan informasi-informasi kepada masyarakat. 


"Kita terus termotivasi kedepan untuk berprestasi di masa yang akan datang, sekali lagi kami ucapkan terimakasih," ujarnya.


Lebih lanjut menambahkan, Pemkab Situbondo mengimplementasikan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik dan program smart city dilingkungannya. Kemudian, berbagai produk inovasi yang telah dilakukan adalah untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Sehingga dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 


Untuk diketahui, penyerahan penghargaan KDI 2022 dilakukan di Sam Poo Kong Semarang, Kamis  (22/9/2022).


Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, wakil Walikota Semarang, komisaris utama PT MNC Asia Holding Tbk, Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Grup Syafril Nasution serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia. (Fn)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama