Semarak HUT Kemerdekaan RI ke-77, SMPN 1 Panji Gelar Mini Karnaval dan Berbagai Lomba

Mini karnaval yang ditampilkan oleh siswa-siswi SMPN 1 Panji dalam rangkaian kegiatan semarak HUT Kemerdekaan RI ke-77 


Jawapes, SITUBONDO - Semarak peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, SMPN 1 Panji gelar serangkaian kegiatan, antaranya Mini Karnaval dengan mengambil start dan finish di SMPN setempat, Sabtu (13/8/2022) Jalan Basuki Rahmat.


Rute yang dilewati Mini Karnaval yaitu Jalan Madura, jalan Ijen dan jalan Argopuro. Diikuti oleh para peserta didik yang tersebar di 26 kelas, guru dan staf tata usaha.  Rangkaian kegiatan lainnya yang diselenggarakan adalah lomba vlog atau video pendek dengan mengambil tema semangat kepahlawanan, foto perjuangan pahlawan kemerdekaan, puisi patriotisme dilaksanakan secara online (peserta didik). Ada juga lomba menyanyi, nyunggi tempeh dan joget diiringi musik secara offline.


Menurut Kepala SMPN 1 Panji Dra. Hj. Sri Rahayu Supandi (akrab dipanggil Bu Yuyun), tujuan dilaksanakan Mini Karnaval adalah untuk menanamkan jiwa nasionalisme, patriotisme dan juga rasa cinta tanah air kepada seluruh peserta anak didiknya. Yakni dengan mengetahui perjuangan para pahlawan kemerdekaan, sehingga diharapkan mereka siap melanjutkan estafet perjuangan untuk Indonesia maju.


"Kegiatan ini juga terkait dengan kurikulum merdeka yang menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sesuai dengan kebutuhan jaman," jelas Kepala SMPN 1 Panji.


Siswa-siswi SMPN 1 Panji mengikuti mini karnaval menggunakan pakaian adat dari beragam suku yang ada di Indonesia


Ditambahkan, siswa tidak hanya dibentuk menjadi cerdas namun juga berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai wujud profil Pelajar Pancasila. Puncak acara dari kegiatan yang dilaksanakan saat ini yaitu pada tanggal 17 Agustus 2022. Dengan melaksanakan upacara peringatan detik-detik Proklamasi di halaman SMPN I Panji.


"Selain itu akan ada pengumuman dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba, serta dilanjutkan pelaksanaan acara tumpeng syukuran. Semua peserta didik, guru dan staff TU wajib hadir," tegasnya. (Fitri)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama