Dalam Rangka Sedekah Bumi di Desa Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik.

 



Gresik, Jawapes - Ratusan warga rebutan tumpeng raksasa setinggi 7,7 meter dalam acara sedekah bumi yang digelar di Desa Dampaan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Tradisi sekaligus untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77. 


Warga sangat antusias mengikuti prosesi rebutan tumpeng raksasa di Lapangan Desa Dampaan Selain berisi nasi putih, nasi merah, nasi jagung dan aneka sayuran hasil bumi, tumpeng raksasa juga berisi uang dengan total jutaan rupiah. 


Sebelum berebut tumpeng, dilakukan prosesi kirab hasil tumpeng raksasa dari Lapangan Dampaan menuju kantor Desa Dampaan .


“Dalam kirab, warga juga membawa aneka lauk pauk yang disantap bersama-sama di kantor desa,” kata Kepala Desa Dampaan Suharsono Minggu (28/8/2022). 


Tradisi turun temurun bangkitkan gotong royong ini terus digelar dengan harapan dapat menjadi destinasi wisata desa yang menonjolkan potensi budaya dan kearifan lokal. Sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar warga desa, dan acara sedekah bumi juga di isi acara pembacaan istighosah dan sholawat.


Mudahan dengan acara sedekah bumi warga Desa Dampaan dan sekitarnya selalu dalam lindungan allah dan mendapatkan keberkahan hidup terang Suharsono selaku lurah Dampaan.(achmad)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama