Tingkatkan Keterampilan dan Perekonomian, DP3APPKB Gelar Pelatihan Salon

Tingkatkan Keterampilan dan Perekonomian, DP3APPKB Gelar Pelatihan Salon
Kepala DP3APPKB Situbondo secara simbolis menyerahkan
bantuan peralatan pelatihan kepada perwakilan peserta

 

Jawapes, SITUBONDO - Ciptakan keahlian kerja guna pemberdayaan masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Situbondo adakan pelatihan salon bagi Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) selama empat hari, bertempat di Aula SMKN 1 Suboh, Senin (25/7/2022).


Ketika dikonfirmasi awak media, Kepala DP3APPKB Situbondo, Drs. H. Imam Darmaji, M.Si., menjelaskan kegiatan pelatihan salon saat ini pesertanya diikuti oleh ibu-ibu warga Desa Demung, Kecamatan Besuki yang menjadi kepala keluarga. Artinya selain menjadi ibu rumah tangga, mereka (peserta) juga menjadi kepala keluarga yang memiliki kewajiban menafkahi anaknya karena berstatus single parent. Para peserta selama mengikuti pelatihan akan dibina agar mempunyai ilmu keterampilan kerja serta kemampuan untuk membuka usaha salon secara mandiri. Sehingga nantinya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarganya. Tindak lanjut dari pelatihan ini yaitu para peserta akan membentuk kelompok Pekka di Desa Demung yang tujuannya untuk bersama-sama memajukan usaha salonnya. 


"Sedangkan kami dari pihak dinas akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan kepada peserta sampai mandiri. Tak hanya itu, kami juga memberikan bantuan peralatan pelatihan kepada peserta yang nantinya dapat digunakan sebagai alat kelengkapan untuk membuka usaha salon," jelasnya.


Lebih lanjut, H. Imam Darmaji menyampaikan, DP3APPKB Situbondo merekrut wirausahawan salon kecantikan Ida sebagai instrukturnya, karena mempunyai kemampuan untuk memberikan materi pelatihan salon kepada peserta yang diikuti sebanyak 30 orang.


"Kami baru pertama kali ini mengadakan kegiatan pelatihan salon di tahun 2022. Jadi saya berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan baik dan seksama supaya dapat ilmunya untuk dijadikan bekal membuka usaha salon," harap Kepala DP3APPKB Situbondo.


Tingkatkan Keterampilan dan Perekonomian, DP3APPKB Gelar Pelatihan Salon 3
Para peserta tampak antusias mengikuti pelatihan salon


Sementara itu, Aguk Prayugi Kepala Desa Demung mengucapkan terima-kasih kepada DP3APPKB Situbondo yang telah menyelenggarakan pelatihan salon kepada warganya yang berstatus sebagai ibu rumah tangga dan kepala keluarga. Kegiatan pelatihan ini berawal dari usulan Pemdes Demung pada acara Musrenbang kecamatan dan ditindak-lanjuti oleh DP3APPKB. 


"Mudah-mudahan setelah mengikuti pelatihan ini warga kami bisa mandiri membuka usaha salon, sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya lebih mapan, utamanya di bidang ekonomi," harapnya. (Fit/Shu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama