Jelang Pilkades Serentak Tahun 2022, DPMD Melakukan Pembentukan PPKD

Pelaksanaan rapat koordinasi persiapan Pilkades serentak 


Jawapes, SITUBONDO - Pemkab Situbondo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) gelar rapat koordinasi Persiapan Pilkades Serentak Tahun 2022, bertempat di Intellegence Room (IR), Kamis (7/7/2022).


Acara tersebut dihadiri Wabup Situbondo Hj Khoirani, S.Pd., MH., jajaran Forkopimda, Sekdakab Drs. H. Syaifullah,MM., Kepala OPD dan tamu undangan.


Saat dikonfirmasi awak media, Kepala DPMD Situbondo H. Lutfi Joko Prihatin mengatakan tujuan rakor ini untuk menyampaikan susunan keanggotaan panitia pemilihan kepala desa tingkat kabupaten tahun 2022, yang terdiri dari Forkopimda dan OPD terkait. Dalam persiapan pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini, pihaknya sudah melaksanakan berbagai tahapan sejak Bulan Mei dan terakhir sampai November. Tahapan pertama adalah pembentukan panitia pelaksanaan pemilihan kepala desa (PPKD) yang juga berkaitan dengan tata tertib, pertanggung-jawaban terhadap kepala desa dan pengajuan usulan bakal cakades. Hal tersebut sudah dilakukan. 


"Perlu diketahui, ada 17 desa dari 14 kecamatan yang melaksanakan Pilkades serentak tahun ini. Terkait penyelenggaraannya  memang berbeda dengan Pilkades sebelumnya. Sebab pelaksanaan sebelumnya dalam satu tempat, sedangkan saat ini setiap TPS ada 500 pemilih," katanya.


Lebih lanjut, H. Lutfi Joko Prihatin menerangkan, pada tahapan kedua melaksanakan deklarasi damai di masing-masing desa. Terkait pada persoalan DPT dan DPS, tidak terlepas dari data milik KPU. Anggaran untuk pilkades serentak tahun ini sebesar Rp1 miliar dan akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2022 mendatang.


"Untuk penyelenggaraan tes tertulis bagi calon kades bukan kita yang melaksanakan akan tetapi pihak ketiga agar adil. Tidak ada pungutan biaya pendaftaran bagi cakades," terangnya. (Fit/Fno)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama