Pemdes Blembem Anggarankan DD Untuk Pembangunan Gedung Polindes

Pembangunan Polindes di Dusun Tunjungan

 

Jawapes PONOROGO, Guna memberikan kenyamanan pelayanan kesehatan kepada warganya. Pemdes Blembem, Kecamatan Jambon melibatkan masyarakat melakukan  pembangunan Pondok Bersalin Desa (Polindes) yang bersumber dari Dana Desa (DD). Lokasi pembangunan di Dusun Tunjungan (SDN 2 Blembem).


Pondok Bersalin Desa (Polindes) merupakan salah satu bentuk partisipasi atau peran serta masyarakat yang digunakan sebagai tempat pertolongan persalinan, pelayanan kesehatan ibu dan anak, serta pelayanan KB yang lokasinya berada di desa.


Disampaikan oleh Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) Sugeng, Pembangunan gedung polindes ini menggunakan anggaran dari bantuan Dana Desa (DD) tahun 2022, sebesar  130 juta rupiah," ujar Sugeng kepada awak media (Saat ditemui di kantornya) Kamis, (16/06/2022).


Pelaksana Kegiatan Anggaran, Sugeng menjelaskan bahwa pembangunan Polindes menerapkan sistem Padat Karya Tunai (PKT), yang mana pekerjanya diambilkan dari masyarakat setempat. Adanya pembangunan Polindes, Pemerintah Desa Blembem berharap  bisa menjadi tempat pelayanan kesehatan kepada masyarakat.


"Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa mendatangi Polindes, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke Puskesmas ataupun ke rumah sakit. Kecuali apabila polindes tidak memadai fasilitas pelayanannya, maka baru dirujuk ke Puskesmas atau rumah sakit," jelasnya. (Gst).


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama