Nones Bikin Gemes, Setro Berubah Menjadi Kampung Binahong


Nones Si Pangeran Kecil saat bersama ibu Rini Eri Cahyadi (istri wali kota Surabaya) di dampingi Efran Priambodo dan Suhartono.

Jawapes Surabaya - Tanaman binahong di Kampung Setro tidak sekadar memperindah lingkungan. Tanaman itu sudah melekat jadi identitas kampung. Sebab, warga telah sepakat untuk membudidayakannya. Mereka kompak menanam tanaman di depan rumah masing-masing. Budidaya Binahong di pemukiman jalan Setro II ini tak lepas dari kinerja Pangeran Cilik Andrew Ionesta yang akrab dipanggil Nones. Murid kelas 3 SDN Ketabang I / 288 Surabaya, yang gemar sekali Bercocok tanam.

Kawasan pemukiman Setro ini masuk wilayah Kelurahan Gading Kecamatan Tambaksari Surabaya. Merupakan kelompok dari keluarga besar "Gading Bersatu". yang di padegani oleh bapak H. Suprayitno S,sos. MM.


Seperti yang kita ketahui tanaman Binahong, nama latin Anredera cordifolia. Sangat viral dikalangan masyarakat memiliki khasiat untuk kesehatan. Daun binahong kaya manfaat karena daun ini mengandung banyak nutrisi. 

Menurut ketua LKMK Kelurahan Gading Suhartono SH saat mendampingi adik Nones mengatakan bahwa, tidak perlu lahan yang luas untuk membudidayakan tanaman ini. "Jika anda memiliki pagar rumah, maka anda bisa menjadikannya rambatan. Jika tidak ada, maka anda bisa membuat media rambatan dimanapun berada asal.., asal tetap dijaga kebersihan lingkungannya. Biar tetap tampak asri". Ujar Suhartono.


Andrew (Nones) Ionesta tercatat sebagai salah seorang duta calon Pangeran Lingkungan Hidup tahun 2022 nomor peserta 69 mewakili sekolahnya SDN Ketabang I/288 Surabaya, acara yang di gagas Tunas Hijau dan Pemkot Surabaya. Merupakan ajang acara bergengsi tahunan. Banyak sekali anak anak muda berbakat mengikuti dari beberapa tingkat sekolahan yang berada di kota Surabaya.


Disisilain sewaktu awak media menghubungi Lurah Gading Efran Priambodo S.sos, menyampaikan apresiasi untuk adik Andrew Ionesta atas pencapiannya membawah nama harum kampung setro. "Saya melihat adik Nones sudah bekerja dengan sangat keras setiap hari demi mencapai pencapaian ini, dan saya tidak bisa memikirkan siapa pun yang jauh lebih pantas untuk mendapatkannya prestasi ini. Saya mengapresiasikan untuk Pangeran kecil ini.., Menjadi contoh yang begitu sangat luar biasa.., bagi semua orang". Tutur Efran Priambodo.

Dengan segudang pencapaian dan bukti nyata serta dukungan penuh dari keluarga, guru di sekolah dan teman-temannya. Andrew Ionesta yakin dapat mengharumkan nama keluarga dan juga sekolahnya. Apalagi nama kampungnya.

( CSan).
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama