PMB Tahun 2022, Perguruan Tinggi Unars Situbondo Gunakan Jalur Reguler dan RPL

 

Calon mahasiswa baru Unars Situbondo mengisi formulir pendaftaran

Jawapes, SITUBONDO - Perguruan tinggi Universitas Abdurrachman Saleh (Unars) Situbondo membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2022/2023 menggunakan dua jalur, yaitu Jalur Reguler dan yang terbaru melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). 


Saat dikonfirmasi oleh awak media di ruang kerjanya, Kamis (19/5/2022). Wakil Rektor III Unars Situbondo Reky Lidyawati menjelaskan selain melalui jalur reguler dalam penerimaan calon mahasiswa baru, Unars Situbondo saat ini telah membuka program baru yaitu jalur RPL diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru (maba) yang sudah bekerja. Jadi bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah program strata satu bisa menempuh jalur RPL dan untuk persyaratan utamanya yaitu sudah memiliki pengalaman kerja minimal tiga tahun. Selanjutnya pengalaman kerja calon maba tersebut dibuktikan dengan SK karena akan diakumulasi ke mata kuliah yang relevan dan nantinya dihitung oleh tim asesmen Unars Situbondo menjadi jumlah SKS.


"Alhamdulillah, perguruan tinggi Unars Situbondo bisa memfasilitasi semua calon mahasiswa barunya yang sudah bekerja untuk kuliah mengambil program studi strata - 1 Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fisip, Fakultas Pertanian dan Fakultas Sastra serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan," jelasnya.


Lebih lanjut, Wakil Rektor I Unars Situbondo menerangkan bagi mahasiswa yang mengambil program RPL bisa menempuh strata-1 maksimal 2 tahun, karena disesuaikan dengan berkas SK atau portofolio yang sudah dikumpulkan. Jadi SK atau pengalaman kerja bisa menunjang RPL sebab dapat diakumulasi menjadi SKS untuk mengurangi beban mata kuliah yang ditempuh. Sedangkan pendaftaran jalur reguler untuk calon mahasiswa yang baru lulus sekolah SMA sederajat.


"Hari ini telah memasuki gelombang kedua dan total sudah ada 271 calon mahasiswa baru yang mendaftar di perguruan tinggi Unars Situbondo melalui jalur Reguler. Kita menargetkan PMB Tahun 2022 ini sebanyak 1.001 calon maba," pungkasnya. (Fin/Shu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama