Manfaat Kerja Bakti Bagi Lingkungan


foto: kerja bakti menjalin kebersamaan dan kebersihan lingkungan



Jawapes Pasuruan,- Kerja bakti dilakukan secara kerja sama antar 100 an warga, kerja bakti merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara sosial dan tanpa mengharapkan imbalan uang, sukarela, dan hasilnya dapat bermanfaat atau dirasakan oleh diri sendiri juga masyarakat sekitar. Sebab tak dipungkiri rasa kebersamaan dan saling gotong royong juga empati kian terkikis kepentingan, hingga kesibukan pribadi. 

Oleh sebab itu tentang kerja bakti sangat penting untuk memupuk tenggang rasa, empati, dan kepedulian terhadap sesama. Biasanya kerja bakti dilakukan berdasarkan kerja sama antar warga untuk mencapai kenyamanan, di RT 02, RT 03, RW 06, Dusun Tempel, Desa Legok, Kecamatan Gempol, Kab, Pasuruan dengan cara membersihkan lingkungan untuk keamanan bersama. Nah jika dulu kerja bakti biasanya dilakukan oleh bapak-bapak, kini semua orang tua dan anak muda bisa turut serta dalam kerja bakti.




Hari minggu (15/22/2022) di mulai pukul 06.00 WIB Kerja Bakti Bersama-Sama Menurut Miftah warga RT 02 RW 06 Dusun Tempel Menjelaskan ada sejumlah manfaat kerja bakti yang patut untuk diteladani, semua dalam Manfaat Kerja Bakti memiliki segudang keuntungan yang baik untuk diri sendiri maupun warga setempat. Tujuan Utama kerja bakti ialah untuk menjaga Lingkungan tetap bersih dan melestarikan lingkungan juga sumber daya alam dan air mineral terjaga kelestarianya. "Lingkungan perlu dipelihara". Banyak orang tidak menyadari bahwa lingkungan dimana manusia tinggal perlu dipelihara dan mendapatkan perawatan. Tanpa pemeliharaan, lingkungan bisa berubah menjadi tempat yang berbahaya bagi kehidupan manusia. 

Sebagai contoh adalah saluran air pembuangan atau selokan. Aliran air di selokan/gorong-gorong haruslah terus mengalir dan tidak boleh tergenang. Jika saluran itu mampat dan air tergenang, maka bisa menjadi sarang nyamuk demam berdarah dan sebagainya Oleh karena itu, maka selokan pun harus dipelihara dan dirawat dengan baik untuk memastikan air mengalir ke tempat yang seharusnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya dari sampah-sampah yang tidak sengaja masuk ke saluran atau mengurangi endapan tanah/lumpur supaya air mengalir dengan lancar. Sebuah kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali secara rutin bisa menjadi pemecahannya. Manfaat Kerja Bakti ada banyak sekali, baik bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Beberapa yang manfaat kerja bakti yang bisa disebutkan adalah sebagai berikut :

  1. Lingkungan menjadi bersih karena selalu terpelihara dan terawat
  2. Sumber penyakit, seperti malaria, demam berdarah bisa dihilangkan dan hal ini mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit.
  3. Penghematan biaya : bila masing-masing warga mau menyumbang sedikit tenaga, maka tidak perlu lagi membayar ongkos untuk membersihkan lingkungannya
  4. Menjadi wadah silaturahmi antar warga : dengan ikut dalam kegiatan ini, warga yang satu bisa bertemu dan berbincang satu dengan lainnya. Hal itu akan memperkukuh silaturahmi antar warga
  5. Membuat lingkungan menjadi nyaman dan indah : dengan tidak adanya ilalang, taman tertata dengan baik, maka sebuah lingkungan akan menjadi enak dilihat dan nyaman untuk ditinggali
  6. Mengajak warga lansia/pemuda dalam kegiatan ini memungkinkan mereka saling mengenal satu dengan yang lain dan mengajarkan tentang bagaimana menjaga lingkungan dan Jangan pernah remehkan manfaat kerja bakti. Banyak disepelekan, tetapi mungkin karena mereka tidak menyadari kegunaan kegiatan ini.
  7. Melalui kerjasama yang baik dan saling mendukung, tentu upaya memunculkan kesadaran pentingnya kerja bhakti dan budaya hidup sehat dan bersih akan tampak ringan dan mudah diwujudkan dalam waktu singkat. Pengaruh kehidupan di lingkungan masyarakat dengan kebersihan yang terjaga pun akan dapat segera dirasakan secara langsung Jadi, kalau ada Kerja bakti adalah salah satu wujud nyata gaya hidup ramah lingkungan.


Semoga kedepannya makin banyak warga yang mau ikut terjun membantu membersihkan lingkungan RT 02 RT 03 RW 06 Dusun Tempel Desa Legok Sikap persatuan dan kesatuan menjadi wadah untuk mewujudkan sifat kekeluargaan di antara satu sama lain. Terlebih ketika melakukan kerja bakti, masyarakat memiliki visi yang satu sama lain untuk menjaga kebersihan lingkungan. Oleh karena itu, tanpa disadari terciptalah perasaan kekeluargaan karena adanya kesamaan visi untuk mewujudkan lingkungan yang asri dan sehat. Maka itu bisa dikatakan sebagai tempat untuk menjalin kerja sama dan kebersamaan karena adanya persatuan di antara warga lainnya. 

Menjadi lebih rukun serta nyaman dalam kerja bakti membuat terciptanya kerukunan antar sesama warga. Adanya kerukunan di antara warga membuat suasana kerja bakti menjadi lebih menyenangkan dan juga nyaman. Hal ini juga bisa menyebabkan warga lain menjadi lebih antusias dan selalu ingin berpartisipasi saat kerja bakti, memakai alat sederhana antara lain cangkul, sekrop, sapu dan Motor Tosa Desa" Papar Mifta ( djie/A-6 )

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama