Potensi Hujan Deras Mengakibatkan Tanah Longsor

 
Jawapes Kebumen – Beberapa waktu yang lalu BMKG telah mengeluarkan peringatan terkait prakiraan cuaca berbasis hujan lebat di Wilayah Kabupaten Cilacap, Kebumen, Banyumas dan Purbalingga, Jawa Tengah. Dimana dalam keterangannya, BMKG menjelaskan potensi dampak hujan lebat yang bisa mengakibatkan bencana alam.

Adanya hujan deras yang terjadi pada Senin tanggal 14 Maret 2022 Jam 22.30 WIB malam mengakibatkan bencana tanah longsor di wilayah Desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.
Dalam keterangannya, Maridi warga Dusun Panyet RT 05/02 Desa Karangduwur menjelaskan bahwa hujan deras telah mengakibatkan tanah longsor yang menimpa samping rumah dan dapurnya.

“Akibat longsor rumah saya mengalami kerusakan dengan menjebol dinding rumah yang berukuran 3m X 2m, meja kursi serta perabotan rumah ikut rusak semua,” keluh Maridi, Selasa (15/3/2022).

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa dan luka-luka, perkiraan kerusakan/kerugian yang dialami Maridi sekitar 6 juta rupiah.

Sementara itu Babinsa bersama Bhabinkamtibmas memantau kejadian ini, sebagian wilayah kec Ayah terdampak banjir, akses menuju lokasi terputus di desa Candirenggo karena jembatan ambles.
Adanya potensi hujan yang tinggi maka menghimbau masyarakat agar saling berbagi/bertukar informasi dengan tetangga sekitar rumah, berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial, mencari informasi melalui pihak terkait kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak, berkoordinasi dengan pihak terkait kebencanaan, mengamankan dokumen penting dan mengondisikan barang agar aman dari bencana. (Mugi)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama