Perbaiki Peringkat, DP3APPKB Situbondo Adakan Bimtek Pengisian Evaluasi KLA

Perbaiki Peringkat, DP3APPKB Situbondo Adakan Bimtek Pengisian Evaluasi KLA
Kepala DP3APPKB Situbondo ketika memberikan sambutan dan arahan kepada peserta bimtek evaluasi KLA


Jawapes, SITUBONDO - Sebagai langkah untuk mengembangkan Kabupaten Situbondo menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) gelar Bimtek Pengisian Evaluasi Kabupaten Layak Anak Tahun 2022 di Aula Lantai 2 Pemkab Situbondo, Selasa (15/3/2022).


Dalam sambutannya, Kepala DP3AP2KB Situbondo Drs. H. Imam Darmaji, M.Si., menyampaikan jumlah anak sekitar 30 persen dari jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Situbondo. Sebagai calon pemimpin dan pembimbing di masa mendatang maka kualitas SDM anak harus ditingkatkan mulai dari awal dan perlu dilakukan intervensi, sehingga harapannya anak lebih siap, terampil dan ahli. KLA merupakan sistem pembangunan yang mengintegrasikan komitmen dari semua pihak dalam kebijakan program dan kegiatan berbasis hak anak.


"Jadi ditujukan untuk pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Evaluasi KLA mempunyai 26 indikator yang mencerminkan kelembagaan dan 5 klaster hak anak yang harus dipenuhi guna menjadi kabupaten atau kota layak anak," jelasnya


Lebih lanjut, Imam Darmaji menambahkan adapun lima hak anak yang harus dipenuhi, antaranya klaster kesatu adalah hak sipil dan kebebasan. Kedua, mendapatkan hak lingkungan, keluarga dan pengasuhan alternatif. Ketiga, pemenuhan hak anak atas kesehatan dan keempat, hak kesejahteraan pendidikan serta pemanfaatan luang waktu dan kegiatan budaya. Terakhir kelima, hak perlindungan khusus anak. Di tahun 2021 Kabupaten Situbondo mendapatkan penghargaan kabupaten layak anak dengan menduduki peringkat madya dan memperoleh nilai tergolong masih rendah yaitu 606,33. 


"Artinya kalau kita tidak hati-hati bisa rentan turun peringkat. Jadi saya harap tahun ini minimal tetap bertahan di peringkat madya dengan nilai yang tinggi, ya mudah-mudahan bisa meningkat naik ke peringkat nindya," harapnya.


Pantauan awak media, acara tersebut dihadiri langsung Sekretaris DP3APPKB Situbondo beserta staff dan peserta bimtek. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama