DPC AWI Banjarnegara : Momentum hari PERS, Jaga Sebagai Pilar ke 4 Demokrasi



Jawapes Banjarnegara - Dalam rangka merayakam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang jatuh pada tanggal 9 Februari, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) Banjarnegara  pada Rabu (9/02/2022) di Sekretariat Jln Bambang Sugeng No 32 Kel Semarang Eks Stasiun Banjarnegara mengadakan rapat dan bincang~bincang pengurus inti. 
AWI Banjarnegara mengapresisasi peran pers sebagai pilar demokrasi ke empat dari eksekutif, yudikatif, legislatif. Khususnya dalam era pandemi sekarang ini, Harmono Ketua DPC Aliansi Wartawan Indonesia Banjarnegara megatakan pers telah sukses mengawal pandemi wabah covid ini dengan sukses "Pers berperan besar dalam mendorong partisipasi masyarakat dan menjaga kondisi bangsa dalam keadaan kondusif diera pendemi saat ini," kata Harmono, SH, MM, CLA.


Menurutnya peran pers dalam pemerintahan sangat besar, baik dalam mewartakan agenda pemerintahan ataupun memberikan kritik kebijakan pemerintah. Dia  menjelaskan, ditengah pesatnya zaman dan penyebaran informasi di era dijital yang tak terbatas, Negara sangat membutuhkan kehadiran pers dengan prespektif yang jernih dan turut berperan dalam melawan kekacauan informasi, hoax, ujaran kebencian yang mengancam kehidupan demokrasi diera pendemi saat ini. Pers juga harus bisa menciptakan masyarakat yang sehat, dalam arti sehat dalam mencerna informasi. 

"Oleh sebab itu ekosistem media harus dilindungi dan diproteksi sehingga masyarakat mendapatkan konten berita yang baik," terangnya.
Sementara itu A. Tardhie atau Biasa di panggil Bang Acong Sekretaris DPC AWI Banjarnegarai turut mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2022 untuk insan pers  Banjarnegara dan di seuluruh Indonesia yang telah berperan sebagi Insan pers harus Jaga sebagai pilar demokrasi ke empat. Pers menurut Bang Acong telah memperjuangkan kepentingan publik masyarakat banyak. 

"Saya berharap mudah-mudahan gagasan pers sebagai pilar demokrasi keempat menjadi komitmen kuat para insan pers. Mudah~mudahan itu betul~betul bisa dipertahankan. Perlu juga kontrol yag serius untuk insan pers, Karena tanpa kontrol pers yang sehat akan sangat membahayakan negara termasuk bangsa Indonesia dalam menghadapi pendemi saat ini," harap Acong Pers memiliki tanggung jawab yang sangat besar sebagai agen kebudayaan. Pers juga menentukan kemana sebuah peradaban akan dibawa. Karena itu peran pers dalam membawa informasi yang baik harus terus dilaksanakan termasuk derasnya informasi terkait pendemi saat ini.

(4rd1)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama