DPKH Situbondo Salurkan Bantuan 40 Ton Pakan Ternak Silase Shorgum


 

Jawapes, SITUBONDO - Wujud kepedulian, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Situbondo mengirimkan bantuan 40 ton hijauan pakan ternak silase shorgum kepada para peternak Kabupaten Lumajang yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru, Selasa (7/12/2021).


Kepala DPKH Situbondo, Drs. H. Imam Darmaji, M.Si., mengatakan pihaknya bekerja-sama dengan DPC Paravetindo Situbondo, PDHI 3 Jatim dan Balai Besar Inseminasi  Buatan (BBIB) Lembang menyalurkan bantuan pakan ternak hijauan silase shorghum kepada peternak yang ada di Kabupaten Lumajang sebanyak 40 ton. 


"Tadi pagi sudah dikirim bantuan pakan ternak silase shorgum ke Kabupaten Lumajang dengan menggunakan enam kendaraan truck. Yaitu tujuan pertama disalurkan ke Kecamatan Candipuro sebanyak 25 ton dan tujuan yang kedua ke Kecamatan Pronojiwo sebanyak 15 ton,"jelasnya.


Lebih lanjut, Imam Darmaji menerangkan, berdasarkan informasi yang  diterima bahwa hijauan pakan ternak yang ada di Kabupaten Lumajang, khususnya di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro saat ini tanamannya rusak disebabkan terkena semburan abu erupsi gunung merapi. Atas kejadian tersebut, mengakibatkan para peternak yang ada mengalami kesulitan untuk mencari hijauan pakan ternak.


"Kemarin DPKH Situbondo menerima kontak dari Dinas Pertanian Lumajang melalui Bidang Peternakan bahwa mereka sedang membutuhkan bantuan hijauan pakan ternak dan akhirnya kami langsung memberikan bantuan pakan ternak silase shorgum tadi pagi,"ucapnya.


DPKH akan menghubungi kelompok ternak dan kelompok petani shorgum yang ada di Kabupaten Situbondo agar mendonasikan sebagian rezekinya untuk disumbangkan ke peternak Lumajang, yaitu berupa bantuan hijauan pakan ternak silase shorgum. 


"Mudah-mudahan adanya bantuan silase shorgum sebanyak 40 ton ini, diharapkan bisa bermanfaat dan memudahakan peternak yang ada di Kabupaten Lumajang untuk memberikan pakan kepada hewan ternanya," harapnya. (Fin/Saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama