Desa Wisata Kampung Blekok Situbondo Raih Juara Satu Ajang ADWI 2021



Jawapes, SITUBONDO - Desa Wisata Kampung Blekok Situbondo meraih juara satu kategori Desa Wisata Rintisan pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 


Piala juara 1 kategori Desa Wisata Rintisan ini diserahkan kepada Ketua Pokdarwis Desa Wisata Kampung Blekok Situbondo pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 Kemenparekraf. Acara penyerahan turut dihadiri langsung Bupati Situbondo Karna Suswandi di Jakarta, Selasa (7/12/2021) malam. 


"Alhamdulillah Desa Wisata Kampung Blekok terpilih sebagai juara 1 Kategori Desa Wisata Rintisan. Semoga ini menjadi awal dari tumbuh dan berkembangnya wisata di Kabupaten Situbondo, yaitu untuk mewujudkan Situbondo berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya (Berjaya)," kata Bupati Situbondo.


Menurutnya, penghargaan ini diluar perkiraan karena ada 50 nominator ADWI 2021 yang tersebar di seluruh penjuru negeri, yang turut ikut memperebutkan juara ADWI dengan tema "Indonesia Bangkit". 


"Terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada pengelola Kampung Blekok, sehingga bisa meraih prestasi yang luar biasa ini," ucapnya.


Bung Karna (sapaan akrab Bupati Situbondo) menjelaskan bahwa wisata merupakan salah satu pengungkit perekonomian di daerah. Oleh karena itu, predikat sebagai juara 1 Desa Wisata Rintisan ini, diharapkan mampu menggeliatkan perekonomian di Situbondo, seperti dengan bertambahnya jumlah kunjungan wisata. 


"Ketika jumlah kunjungan meningkat, maka akan memberikan dampak positif kepada masyarakat Situbondo, sebab akan ada perputaran perekonomian disini," ujarnya. 


Ia berharap, semua destinasi wisata yang ada di Kabupaten Situbondo, mampu menjadi wisata dengan kategori berkembang dan bahkan maju. Ini bukan hal yang tidak mungkin, karena Kampung Blekok bisa terpilih sebagai juara 1 ADWI Kategori Rintisan. 


"Kedepannya pemerintah akan lebih serius lagi dalam memberikan dukungan untuk kemajuan wisata di Situbondo," jelas Bung Karna. 


Sementara itu, Pengelola Konservasi Hutan Bakau Desa Wisata Kampung Blekok Situbondo, Ranti Seta Ayu Pratiwi mengaku tidak menyangka bisa meraih juara 1 kategori Desa Wisata Rintisan ajang ADWI 2021. 


"Dari 1.831 desa wisata yang mendaftar se-Indonesia, kami masuk 50 besar saja sebuah kejutan. Ini diluar ekspektasi kami menjadi juara 1 Desa Wisata Rintisan pada ajang ADWI 2021 Kemenparekraf," ungkap Seta. (Fin/Nov)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama