Tiga Rumah dan Kios Di Wonodadi Plantungan Kendal, Diamuk Sijago Merah


Tiga Rumah dan Kios Di Wonodadi Plantungan Kendal, Diamuk Sijago Merah


JAWAPES KENDAL - Tiga rumah dan beberapa Kios di Dusun Jung Lor RT 04 RW 02 Desa Wonodadi Kecamatan Plantungan Kabupaten lKendal udes diamuk si jago merah. Kebakaran rumah dan kios penduduk itu diduga akibat hubungan arus pendek listrik, Senin (11/10/2021) 

Tiga rumah yang terbakar yakni milik Safwan (68), milik Hj. Suami (71) dan milik Sugiarto (54) alias Sa'dan di Dusun Jung Lor RT 4 RW 2 Desa Wonodadi Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal. 


Beberapa kios warga juga ikut ludes terbakar habis yakni Kios milik Uswatun Khasanah, milik Satinah, milik Solikhin dan milik Maghfiroh terbakar 100 persen, sedangkan Kios milik Lilis K, milik Siti Fatimah dan milik M Wahab terbakar sekitar 10-20 persen. 

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran rumah dan kios warga tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Desa Wonodadi Moh Sirodjullah mengungkapkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Diduga api berasal dari salah satu rumah warga yang terbakar. 

“Dari keterangan beberapa saksi, api berasal dari rumah Safwan (68) yang disebabkan adanya hubungan arus pendek. Api mulai terlihat dari kamar tidur tengah kemudian dengan cepat menjalar dan membesar hingga membakar seluruh rumah Safwan terbuat dari kayu,” jelasnya.

Ditambahkan, hembusan angin yang kencang serta bangunan rumah dari kayu yang mudah terbakar membuat api cepat membesar dan menjalar ke rumah Hj. Suami dan rumah Sugiarto alias Sa'dan. Akhibat dari musibah kebakaran tersebut di taksir mencapai Rp425 juta.

Warga sekitar lokasi kebakaran sempat ketakutan dan panik saat melihat api yang cepat membesar dan cepat membakar bangunan rumah Sofwan lalu merembet ke rumah Hj. Suami dan rumah milik Sugiarto yang terbuat dari kayu.

Pemadam kebakaran dari UPTD Damkar Sukorejo dibantu dari UPTD Damkar Weleri dan Damkar Kendal, berusaha memadamkan api agar tidak menjalar ke rumah warga lainnya.

Kasi Dalops Damkar Kendal Ria Listianasari, menjelaskan, kebakaran rumah dan kios penduduk di Desa Wonodadi itu terjadi sekitar 10:00 WIB, kami telah bekerja maksimal, namun karena jarak tempuh menuju ke TKP nya jauh, maka mohon untuk dimaklumi. 

Dari hasil pemeriksaan Petugas dari Polsek Plantungan dan Polres Kendal, kejadian kebakaran tersebut murni musibah dan tidak ada faktor kesengajaan dari korban ataupun pihak lain. 

Pj Camat Plantungan Bagus Kurniawan yang langsung ke lokasi saat terjadi kebakaran tersebut menyampaikan, bahwa kebakaran rumah dan kios milik warga Desa Wonodadi ini merupakan musibah. 

"Saya mohon warga yang rumah atau kios nya terbakar untuk bersabar dan tenang dalam menerima musibah yang telah terjadi ini dengan hati yang sabar. Petugas Damkar sudah bekerja dengan maksimal, namun karena jarak tempuh Pos Mobil Damkar menuju TKP nya jauh. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pemadaman kebakaran tersebut," kata Bagus Kurniawan. 

(Santo)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama