Puluhan Nelayan Desa Landangan Antusias Mengikuti Pelatihan Teknologi Penangkapan Ikan

Kabid Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan Situbondo saat memberikan arahan kepada para peserta pelatihan

 

Jawapes, SITUBONDO - Upaya pemberdayaan dan pengembangan kapasitas nelayan kecil di daerah, Dinas Perikanan Situbondo adakan pelatihan teknologi penangkapan ikan di Rumah Makan Kaliurang, Desa Kesambirampak, Kecamatan Kapongan, Senin (20/9/2021).

Acara tersebut dihadiri langsung Kabid Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan Situbondo, Roi Hidayat, S.Pi., M.Si., Kasi Pendampingan Dinas Perikanan Zaini, SP., MM., Anggota DPRD Situbondo Fraksi PKB Fiqi Kristia Vialosa, dan narasumber UPT PTKP3 Probolinggo serta diikuti 20 nelayan Desa Landangan.

Roi Hidayat mengatakan Dinas Perikanan Situbondo melalui sumber APBD 2021, yakni jasmas anggota DPRD mengadakan pelatihan teknologi penangkapan ikan kepada nelayan di Kabupaten Situbondo selama dua hingga empat hari yang tersebar merata di sembilan tempat, yaitu mulai dari Kecamatan Jangkar hingga Kecamatan Besuki, dengan masing-masing wilayah diikuti 20 nelayan. Pelatihan saat ini kepada nelayan khusus spesialisasi penggunaan mesin diesel perikanan merk jiang dong 24 PK dan pembuatan coll box dari fiber. 

"Diharapkan adanya pelatihan teknologi penangkapan, warga nelayan bisa terampil mengoperasikan dan menghemat anggaran modal alat tangkap dengan mengoptimalkan fungsi kerja mesin. Tentunya nelayan semakin sejahtera dan mendapatkan keuntungan yang besar," jelasnya.


Sementara itu, Fiqi Kristia Vialosa mengucapkan rasa terima-kasih kepada Dinas Perikanan atas kerja-samanya dalam penyelenggaraan pelatihan tekhnologi penangkapan ikan yang diajarkan kepada nelayan Desa Landangan.  Tujuannya para nelayan bisa semakin berkembang pengetahuannya, mendapatkan ilmu-ilmu baru, lalu saat menangkap ikan tidak sampai merusak  ekosistem laut. 

"Semoga setelah mengikuti pelatihan, para nelayan bisa menerapkan teknologi penangkapan ikan dengan baik, sehingga hasil tangkap ikan bertambah dan mampu meningkatkan perekonomian," harapnya. (Fit/Fin)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama