Kerjasama Dengan Dinkes Tanggamus, Rutan Kota Agung Gelar Vaksinasi Kedua Bagi WBP

Rutan Kota Agung Gelar Vaksinasi dosis kedua bagi WBP (1/8)


Jawapes Tanggamus - Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Kota Agung menggelar Vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanggamus dan Puskesmas Kota Agung, bertempat di Aula Rutan, Rabu (01/09/2021).


Tersirat senyum semangat disela wajah-wajah tegang Warga Binaan Rutan Kota Agung yang menunggu di kursi antrian. Warga Binaan tersebut hari ini dijadwalkan menerima vaksin Covid-19 dosis ke 2setelah awal Agustus lalu mereka divaksin Sinovac dosis pertama.


Kegiatan Vaksinasi dimulai pukul 9 pagi, setelah 15 orang Tim Medis dari Puskesmas Kota Agung yang diketuai dr. Tiara Paraswati tiba di Rutan.


Kepala Rutan Kota Agung Akhmad Sobirin Soleh menjelaskan, bahwa sebelum di Vaksin, seluruh Warga Binaan terlebih dahulu di screening  untuk dicek kesehatannya meliputi pemeriksaan suhu tubuh, tensi tekanan darah serta keluhan yang dialami pada Vaksinasi sebelumnya.


Warga Binaan saat akan di Vaksin dosis kedua



“Ternyata setelah didata ada 132 orang yang dijadwalkan mendapatkan vaksin dosis ke 2, namun 9 diantaranya ada komorbid dan telah dimutasikan ke Lapas Kota Agung sehingga tidak bisa menerima vaksin. Sisanya sebanyak 172 orang akan divaksin Jumat besok," ujar Sobirin.


Sobirin melanjutkan, rencananya kegiatan vaksin dosis kedua akan dilakukan selama 2 hari, yakni hari Rabu dan Jumat tanggal 1 dan 3 September 2021. Terselenggaranya Vaksinasi bagi Warga Binaan tidak terlepas dari koordinasi dan kerjasama yang baik antara Rutan Kota Agung dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus.


Sobirin berharap, setelah menerima vaksin dosis lengkap, seluruh Warga Binaan bisa terlindung dari paparan Covid-19 .


Didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan JM Prameswari, Sobirin bercengkrama dengan beberapa warga binaan yang telah disuntik sembari memantau langsung jalannya vaksinasi. Tampak suasana akrab, warga binaan menyampaikan tidak ada keluhan pasca vaksinasi. 


“Kami berterimakasih atas perhatian dari Pemkab Tanggamus, sehingga vaksin kepada warga binaan dapat terlaksana dengan cepat. Semoga ini dapat mengurangi risiko penyebaran COVID 19 dilingkungan Rutan. Kegiatan vaksin warga binaan juga menjadi salah satu upaya kami mendukung program pemerintah dengan meningkatkan capaian sasaran vaksin, dengan demikian herd immunity segera terbentuk dan Indonesia segera keluar dari Pandemi," pungkas Karutan Sobirin, yang juga pernah menjabat Kepala Pengamanan Lapas Besi Nusa kambangan tersebut. (Ady)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama