Perdana Terlaksananya Program MT3 di Desa Karang Petir Kecamatan Tambak



Jawapes Banyumas - Program perdana pemanfaatan lahan tidur seluas kurang lebih 30 hektar Desa Karang Petir Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas, merubah lahan tersebut dengan pola MT3.

Kepala Desa Karang Petir mengatakan, selamat datang dan mohon doa restu untuk keberhasilan MT3. Proses awal terjadinya MT3 sampai dengan endingnya merupakan perjuangan dan sinergitas dari pihak-pihak terkait.

"Sepanjang perjalanan sejarah Desa Karang Petir, baru terlaksana MT3 kali ini dengan penyelenggara diantaranya, Upja, Gapoktan, Pemdes, masyarakat dan didukung oleh Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas, Kecamatan Tambak, PPL Kecamatan serta Asuransi Jasindo," ungkapnya.

Kepala Desa Karang Petir Kecamatan Tambak, Djaka Supriyatno bersama Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas, Eka Budi Suryadi.


Eka Budi Suryadi selaku Kepala Bidang tanaman pangan dan hortikultura mengungkapkan, ini sungguh sangat luar biasa dan saya baru mengetahui bahwa Pak Kades sangat antusias sekali dengan adanya MT3.

"Saya apresiasi dengan Upja dimana Upjanya ini bergerak dengan baik, bersama sama dengan Kepala Desa sehingga didalam progres pertanaman sungguh sangat tepat. Mekanisasi itu bisa dengan traktor kemudian pertanaman dengan model transplanter," katanya.

Secara tidak langsung edukasi kepada petani kita lakukan, karena kami punya PPL dilapangan P. Toto Indarto selaku Koordinator BPP Tambak yang sudah memberikan banyak informasi serta memberikan bantuan.


Dimas Prakoso Teknikal Menager yang mewakili Kepala Cabang Jasindo Purwokerto Khusnul menjelaskan, keterlibatan Jasindo tetap menjaga pejaminan kepada para petani jika gagal panen.

"Secara nasional, Jasindo bekerjasama dengan Kementrian Pertanian. Untuk beberapa lahan kita lakukan survey, interview bagaimana sistem perairannya, lahan milik siapa, sudah berapa kali kliem sebelum dilakukan realisasi kerjasama," katanya.

Hadir dalam kegiatan MT3 Desa Karang Petir diantaranya, Djaka Supriyatno selaku Kepala Desa Karang Petir beserta Perangkat, Dimas Prakoso perwakilan dari Jasindo, Eka Budi Suryadi Kabid tanaman pangan dan holtikultura, Sekcam Tambak Badrudin, Toto Indarto sebagai Koordinator BPP Tambak, Ajis selaku Ketua Upja Sabar Berkah dan Ketua Gapoktan Ahmad Bukhori.(Cpt/Mutia)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama