Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Bupati Uji Coba Penanaman Perdana Padi BK 900

Bupati Situbondo didampingi Kadis DTPHP bersama petani saat menanam padi BK 900 secara perdana

 

Jawapes, SITUBONDO - Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, MM., didampingi Kepala DTPHP Ir. Sentot Sugiyono, M.Si. bersama petani melakukan penanaman padi BK 900 secara perdana di lahan kelompok tani suka maju bertempat Dusun Parean, Desa Sumber-Kolak, Kecamatan Panarukan, Jumat (9/7/2021) pagi.


Acara tersebut turut dihadiri jajaran Forpimka Panarukan, Anggota DPRD, Pemdes Sumber-Kolak dan para petani.


Bupati menyampaikan keunggulan padi BK 900 adalah pada setiap satu malai bisa menghasilkan 900 bulir, karena menjadi hasil pengembangan sebelumnya yaitu padi BK 700 yang pernah di tanam di Kecamatan Kapongan. Ada beberapa sisi yang sudah diperbaiki dari padi BK 700 ke BK 900, yang pertama BK 900 memiliki daun bendera mengakibatkan burung susah memakan bulirnya, sementara BK 700 tidak ada dan kedua padi BK 900 lebih banyak anakannya dibandingkan BK 700.


"Alhamdulillah bibit yang kita tanam hari ini umurnya adalah 17 hari dan berbeda yang pernah kita coba di Kapongan usianya sampai 25 hari sehingga terlalu tua, mengakibatkan anakannya jadi kurang. Adanya uji coba hari ini, saya berharap ada bibit unggul yang nantinya menjadi rujukan bagi para petani Situbondo untuk menanam dilahannya," ungkapnya.


Lebih lanjut, Bung Karna menambahkan bahwa kedua bibit tersebut sama-sama baiknya karena hasil berasnya punel sehingga akan disukai oleh masyarakat dan tidak perlu membutuhkan irigasi yang terlalu banyak air, jadi bisa penghematan. Jika uji coba padi BK 700 dan BK 900 berhasil maka kedepannya akan diterapkan kepada seluruh masyarat Situbondo dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani.


"Hari ini luas lahan yang digunakan untuk uji coba adalah 15 hektar yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu 7,5 hektar ditanami padi BK 900 dan 7,5 hektare sisanya adalah padi BK 700," jelasnya. (Adv)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama