Bupati : Sumber Anggaran Perbaikan Talang Saluran Irigasi II Bantal Dari Dana Tanggap Darurat Pemprov Jatim

Bupati Situbondo bersama Jajaran Forkompimda dan Forpimka Asembagus saat meninjau lokasi perbaikan talang saluran irigasi II Bantal


Jawapes, SITUBONDO - Perbaikan talang saluran irigasi II Bantal sangat penting untuk segera dilakukan. Mengingat keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya petani tebu. Demikian yang disampaikan oleh Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, MM., saat berada di lokasi talang air Desa Perante, Kecamatan Asembagus, Rabu, (7/7/2021).


"Ada sekitar 400 Hektar lahan pertanian yang mengandalkan suplai air dari talang ini. Tersebar di tujuh desa yaitu Desa Awar-awar, Perante, Trigonco, Kertosari, Mojosari, Kedunglo dan Curah Kalak. Jadi ini mempunyai peran penting dan sangat dibutuhkan oleh para petani," ucapnya.


Masih menurut bupati, sumber anggaran perbaikan talang saluran irigasi II Bantal berasal dari dana tanggap darurat Pemprov Jawa Timur. Kapala Dinas PUPR Situbondo yang mengajukan ke provinsi dan alhamdulillah mendapatkan persetujuan.                           


Hal senada juga dijelaskan oleh Ketua Himpunan Petani Pemakai Air (Hippa) Desa Kertosari, H. Akbar terkait kondisi talang saluran irigasi yang sudah tidak bisa berfungsi lagi sejak bulan Pebruari 2021. Terdapat retakan-retakan yang semakin parah. Sehingga tidak bisa untuk mengaliri air.


Dengan adanya perbaikan dan berfungsinya kembali talang tersebut maka tidak akan kekurangan air lagi. Dia berharap pendapatan petani tebu di tujuh desa ada peningkatan dari sebelumnya. Karena sejak mengalami kerusakan rendemen tanaman tebu rendah sehingga berdampak pada nilai jual.


Disisi lain Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Situbondo Iwan Setiawan,SH., M.Hum., menegaskan bahwa proses perbaikan talang saluran irigasi II Bantal sudah sesuai dengan peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) nomor 13 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa dalam keadaan darurat. (Fit/Fin).


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama