Kelompok HIPPA Langgeng Pangan Selesaikan Proyek P3TGAI 2021


 

Jawapes, PONOROGO - Kelompok HIPPA Langgeng Pangan Desa Bedingin, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo telah menyelesaikan pengerjaan proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) Tahun 2021 yang ada di wilayahnya dengan mendapatkan kucuran dana dari BBWS Bengawan Solo sebesar Rp 195 juta rupiah.


Program tersebut sengaja di peruntukan dan sangat penting dalam rangka peningkatan perekonomian produksi pangan para petani sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan irigasi untuk pertanian persawahan warga desa, tentunya dalam mengelolah lahan pertanian guna mendukung program ketahanan pangan nasional.


Ditemui awak media di kediamannya, Rabu (23/6/2021).  Imam Mashudi selaku Ketua HIPPA Langgeng Pangan Desa Bedingin mengatakan bahwa pembangunan jaringan irigasi dari program tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan menjaga ketersediaan air di areal persawahan warga.


“Adapun lokasi pengerjaan di Dukuh Kambangrejo,  dengan volume panjang 612 meter, ditambah swadaya masyarakat 17 meter yang dikerjakan dengan swakelola oleh anggota HIPPA Langgeng Pangan," ungkap Imam Mashudi.


Lebih lanjut, adanya saluran irigasi nantinya akan memudahkan para petani dalam mengakses pengairan pada masa tanam. Pihaknya mengucapkan rasa terima- kasih kepada pemerintah pusat maupun daerah karena dengan adanya bantuan P3TGAI karena masyarakat petani merasa terbantu.


"Kami berharap di musim kemarau kebutuhan air tidak ada kendala supaya pengairan bisa lancar dan hasil petani bisa meningkat," imbuhnya. (Gst)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama