Dalam Jumpa Pers Bupati Budhi Sarwono Tegaskan, Banjarnegara Tidak Masuk Zona Merah




Jawapes Banjarnegara - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang didampingi oleh Sekda Drs. Indarto M.Si, Kepla Dinas Kesehatan dr. Latifa Hesty Purwaningtyas, Kepala BPBD Aris Sudaryanto S.Pd.,MM dan Kepala Dinas Kominfo R. Riono Rahadi Prasetyo SH., MH dalam jumpa pers menegaskan bahwa Kabupaten Banjarnegara tidak masuk dalam zona merah kasus Covid-19, status Kabupaten Banjarnegara masih hijau-kuning. Pernyataan tersebut disampaikan Bupati di ruang kerjanya, Selasa (29/6/2021).

Saya tegaskan bahwa sampai dengan hari ini, Selasa tanggal 29 Juni 2021, saya nyatakan Banjarnegara masih zona hijau-kuning.

Dari 266 Desa dan 12 Kelurahan yang ada di Kabupaten Banjarnegara, hanya ada satu Desa yang saat ini masuk zona oranye. Itupun sebenarnya hanya satu RT dan wilayah tersebut saat ini terus dipantau oleh Pemerintah Kabupaten.

"Ada satu Desa yang statusnya zona oranye, kalau keseluruhan yakni 278 Desa dan Kelurahan di Banjarnegara hijau-kuning kecuali satu Desa itu dan itupun hanya satu RT saja," kata Bupati Budhi Sarwono.


Saat ini jumlah pasien Covid-19 yang tengah dirawat di 4 Rumah Sakit di Banjarnegara ada 168 orang sedangkan isolasi mandiri berjumlah 728 dan yang karantina di Puskesmas sejumlah 12 orang.

"Adapun jumlah akumulatif sejak Bulan Maret 2020 sampai Juni 2021, kasus Covid-19 di Kabupaten Banjarnegara berjumlah 4.719 orang. Dari jumlah tersebut 3.552 orang dinyatakan sembuh dan sementara yang meninggal dunia dari bulan Maret 2020 sampai sekarang ada 251 orang. Kemudian dalam perawatan ada 916 orang, yang terdiri dari rawat inap di 4 Rumah Sakit berjumlah 162 orang, isoman 738 orang dan karantina di Puskesmas Sigaluh 16 orang," ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Banjarnegara dr. Latifa Hesti Purwaningtyas menjelaskan, perihal perbedaan status zona di Banjarnegara ini karena mengacu pada PPKM Mikro. Dimana apabila dalam 1 RT tidak ada kasus berarti hijau, kalau ada kasus antara 1-2 itu kuning, kasus 3-5 itu oranye dan lebih dari 5 orang itu merah.
Sedangkan dari Pemerintah Provinsi ada 14 kriteria, diantaranya kasus aktif, kasus sembuh, BOR Rumah Sakit, BOR ICU serta kriteria lainnya. Bisa juga terjadi karena data di web-site belum di-update sehingga angkanya masih merupakan data lama, jelasnya.
Pemkab Banjarnegara tengah gencar melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan rutin mengirimkan susu ultra, suplemen untuk tenaga kesehatan, 35 Puskesmas serta pasien di Rumah Sakit. Belum lama ini, Pemkab bersama TNI juga mengirimkan 5000 dus susu.

Sementara, kegiatan sosial masyarakat seperti hajatan masih diizinkan dengan syarat dan mempedomani PPKM Mikro dan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.(4rd)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama