Petani Desa Piasa Kulon Gelar Trasidi Nyadran Mendekati Bulan Ramadhan

Para petani Desa Piasa Kulon saat melaksanakan kegiatan tradisi nyadran dalam menyambut bulan suci Ramadhan

Jawapes, BANYUMAS - Para petani Warga Desa Piasa Kulon Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas melaksanakan kegiatan Tradisi adat budaya yang disebut Nyadran. Acara digelar di depan pelataran Komplek Panembahan Lawe Wenang Rt/w 02/05 wilayah Desa setempat , Senin Pagi (22/03/2021).


Kegiatan Nyadran biasanya dilaksanakan oleh Masyarakat Jawa Ketika akan memasuki bulan Suci Ramadhan.Acara tersebut bertujuan sebagai sarana silahturahmi antar warga, mensyukuri atas Karunia Gusti Alloh yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya.


Dalam Hal tersebut Suratno Kepala Desa Piasa Kulo menyampaikan bahwa Tradisi Nyadran merupakan kegiatan Rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh para petani Desa Setempat


"Nyadran dilaksanakan di Panembahan Lawe wenang yang merupakan situs yang ada di piasa Kulon, tempat tersebut dijadikan Warga sebagai kegiatan Nyadran atau selamatan menjelang Labuhan tanam padi, Hal ini sebagai jalinan ikatan kebersamaan antar warga Masyarakat setempat,"Ungkap Suratno Kades Piasa Kulon.


Lanjutnya, warga melakukan berdoa bersama, warga juga membawa Tenongan berisi makanan yang dibawa dari rumah dan dimakan bersama warga lainya, disitu warga yang tidak membawa makanan pun boleh ikut dalam kegiatan selametan tersebut, selain itu makanan juga dibagikan ke warga lain.


Adapun kegiatan yang dilaksanakan dihadiri Suratno Selaku Kepala Desa Piasa Kulo, Bhabinkamtibmas Babinsa, Tokoh masyarakat dan para petani warga Desa Piasa kulon 


Warga masyarakat melakukan tradisi Nyadran sebagai bentuk pembersihan diri memjelang Bulan  suci Ramadhan. Bukan hanya hubungan dengan Sang Pencipta, Nyadran dilakukan sebagai bentuk bakti kepada pendahulu atau leluhur. Sebagai jalinan kerukunan antar warga mempererat tali persaudaraan.


Mengingat masih dalam masa Pandemi Covid 19, kegiatan yang dilaksanakan tetap menerapkan sesuai aturan Protokoler kesehatan dengan memperhatikan memakai masker, menjaga harak dan mencuci tangan.(son)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama