Prosesi Hari Jadi Pacitan Berlangsung Sederhana di Tengah Pandemi

Prosesi perayaan hari jadi Kabupaten Pacitan berlangsung sederhana

Jawapes, PACITAN
- Upacara prosesi hari jadi Kota Pacitan ke-276 berlangsung khidmat, sederhana dan penerapan standart protokol kesehatan dengan membatasi pesertanya. Puncak acara perayaan hari jadi itu hanya menghadirkan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan, Ketua DPRD, anggota Forkopimda serta Sekretaris Daerah Pacitan masing-masing bersama isteri. 

Gelaran atur Tirto Wening dan Rucuh Pace tersebut juga diikuti oleh seluruh perangkat daerah, pemerintah desa dan masyarakat termasuk pelajar melalui media daring zoom, siaran streaming youtube, dan live di TV lokal, Jumat (19/2/2021).

Kesederhanaan peringatan Hari Jadi Kabupaten Pacitan sudah terasa sejak awal bulan. Beragam acara dan kegiatan yang biasanya berlangsung meriah tidak nampak. Acara inti prosesi pengambilan tirto wening di sumur patilasan Tumenggung Notopuro di Desa Sukoharjo serta rucuh pace dari patilasan Tumenggung Setroketipo di Desa Nanggungan berlangsung sederhana dan terbatas. Demikian pula dengan ziarah ke makam leluhur cikal bakal Kabupaten Pacitan.

Kita tidak sedih, akan tetapi kita prihatin karena masih ada saudara-saudara kita yang terpapar corona”. Ungkapan empati ini disampaikan Bupati Indartato, menanggapi kesederhanaan peringatan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Pacitan Tahun. Tidak banyak ragam kegiatan serta kemeriahan seperti tahun-tahun sebelumnya. Hanya beberapa acara inti menuju prosesi, itupun tidak melibatkan banyak orang. Pandemi Covid-19 jelas menjadi alasan utama. Bupati Indartato ingin, perayaan hari jadi ini menjadi contoh bagi masyarakat. Protokol kesehatan harus dikedepankan karena pandemi belum berakhir.

“Perayaan kali ini memang sangat sederhana, namun yang terpenting tidak lepas dari makna,” ungkapnya.

Makna dimaksud adalah untuk tidak lupa senantiasa bersyukur Kabupaten Pacitan sudah mencapai usia 276 tahun serta introspeksi diri masih banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Ada persoalan besar yang saat ini menjadi masalah bersama yakni melawan dan mencegah penyebaran covid 19. Ini sesuai dengan temanya “Tangguh Ing Laku sarana Iman, Aman lan Imun”.

Dalam kesempatan itu Bupati atas nama pemerintah daerah menyerahkan piagam penghargaan kepada Ketua DPRD dan Forkopimda atas partisipasi dalam satuan tugas penanganan covid 19 di Kabupaten Pacitan. (Nonot)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama