Gubernur Jatim Sampaikan Pesan Kepada Bupati dan Wabup Saat Pelantikan

Jajaran Forkopimda Situbondo ikuti prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati dan Wabup Situbondo

Jawapes, SITUBONDO - Jajaran Forkopimda Situbondo ikuti prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Situbondo hasil Pilkada serentak 2020 oleh Gubernur Jatim dan pelantikan Ketua PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Situbondo oleh Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Jatim secara virtual di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jumat (26/2/2021).

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, MM. dan Wabup Situbondo Hj. Khoirani, S.Pd., MM  dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya sekitar pukul 09.00 WIB. Bersamaan dengan 5 bupati dan wabup terpilih (2021-2024) lainnya yang resmi dilantik pada sesi pertama. Yaitu dari Kabupaten Trenggalek, Ngawi, Banyuwangi, Sumenep dan Ponorogo.

Gubernur Jatim berikan sambutan saat kegiatan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati dan Wabup 

Dalam sambutannya secara virtual, Gubernur Jatim Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., menyampaikan bahwa pelantikan pasangan bupati dan wabup terpilih saat ini adalah melalui proses Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020 di Jatim dan telah dilalui dengan berbagai ikhtiar di situasi pandemi Covid-19 yang menimbulkan banyak kekhawatiran dan kewaspadaan adanya klaster Pilkada. Namun pada akhirnya berjalan lancar dan kondusif berkat kerja keras dari seluruh jajaran KPU, Bawaslu dan TNI- Polri. Hasil Pilkada 2020 di Jawa-Timur angka partisipasi masyarakat dimasa pandemi Covid-19  mencapai 67,68 persen, tentunya melebihi Pilkada serentak 2018 yang tidak di musim Covid-19, angka partisipasi masyarakat hanya mencapai 66,92 persen. Artinya pasangan bupati dan wakil bupati begitu kuat mendapatkan amanah dari masyarakat.

"Saya ingin menyampaikan pesan dari bapak presiden yaitu bagaimana seluruh kepala daerah bekerja cepat dan detail. Pemprov Jatim punya tagline "Cetar" artinya bekerja cepat, efektif dan efisien, tanggap, transparan serta responsif. Ini juga menjadi pesan kepada bupati dan wakil bupati bahwa akuntabilitas dan tata kelola pemerintahan yang baik merupakan bagian yang sangat penting," tutur Gubernur Jatim. 

Sementara di tempat sama, Sekda sekaligus Plh Bupati Situbondo Drs. H. Syaifullah, MM., usai mengikuti acara tersebut mengatakan, guna mempercepat pembahasan APBD, beliau segera akan melaksanakan pembahasan bersama.

"Pembahasan percepatan APBD akan dilakukan begitu beliau masuk kerja. Dan sebelum tanggal 15 Maret 2021 diupayakan APBD sudah disahkan," jelasnya . (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama