Desa Karangpatihan Programkan Warga Tunagrahita, Untuk Bisa Mandiri


Jawapes Ponorogo - Upaya Pemerintah Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat terus dilakukan oleh Pemerintah Desa Karangpatihan, Salah satunya adalah mengembangkan potensi lokal yang ada selama ini, yaitu produksi Batik Ciprat, Minggu, (17/11/2020). Sehingga mendapat kunjungan langsung dari Menteri sosial (Mensos), Tri Rismaharini.

Eko Mulyadi selaku Kepala Desa Karang Patihan mengatakan bahwa Batik Ciprat yang diproduksi di Rumah Harapan adalah bentuk kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang diprogramkan untuk warga Tunagrahita dan warga Kurang mampu, diharapkan warga akan mampu memproduksi batik sehingga akan menambah penghasilan ekonomi. Batik ciprat yang dirintis setahun yang lalu, kini sudah tampil dengan berbagai varian dan motif. Mulai motif  abstrak, binatang, wayang, tumbuhan, dan masih banyak lainnya. Serta menggunakan metode kombinasi antara batik ciprat dan batik tulis tentunya menghasilkan karya yang unik dan khas.


"Kami berharap program ini mendapatkan dukungan dari semua pihak, baik dari pemerintah maupun masyarakat luas agar program yang selama ini kita rintis bisa berkembang dan bisa mengangkat ekonomi masyarakat. Disamping itu juga untuk memberikan ketrampilan kepada warga Tunagrahita, agar bisa hidup mandiri," jelasnya. (Gst)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama