Forum Keserasian Sosial Desa Ranulogong Gelar Tematik 2 Sekaligus Peresmian Jalan Rabat Beton


Jawapes Lumajang - Bertempat di Balai Desa Ranulogong diadakan kegiatan dialog tematik 2 dan sekaligus peresmian bangunan fisik berupa jalan rabat beton, Rabu (14/10/2020).

Turut hadir Sekretaris Dinas sosial kabupaten lumajang, Kasi pemberdayaan yang mewakili Camat Randuagung, Kepala desa Ranulogong, pendamping Keserasian sosial Kabupaten Lumajang, Koordinator Taruna Siaga Bencana kabupaten lumajang, serta peserta yang terdiri dari pengurus paud dan warga Desa Ranulogong. 

Ninis Legiwinarsi selaku Sekretaris Dinas Sosial Lumajang dalam hal ini mewakili Kepala Dinas Sosial menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Sosial yang meliputi beberapa kegiatan, seperti diaolog tematik 1 sampai kegiatan tematik 2, dan  ada juga pembangunan fisik dalam hal ini yaitu pembuatan jalan rabat beton. 

"Kami ucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama sama mensukseskan kegiatan ini sampai selesai, aman dan lancar. Terutama dalam pengerjaan jalan rabat bisa dilakukan secara bergotong royong sehingga pengerjaan lebih mudah," ungkapnya.

Lebih lanjut, beliau menyarankan agar warga di sekitar Dusun Darung untuk sama - sama menjaga dan merawat jalan rabat sehingga bisa tahan lama dan manfaatnya bisa dirasakan semua pihak. 

"Kegiatan Dialog tematik 2 dengan tema kearifan lokal menciptakan kedamaian, keharmonisan, dan ketenteraman masyarakat artinya dapat mengoptimalkan rasa kebersamaan dan gotong royong akan menciptakan rasa kedamaian dengan harapan menuju desa maju, sehat dan sejahtera," jelasnya.

Hasan Bisri selaku Kepala Desa Ranulogong turut menyampaikan terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan di desanya, dan harapan kedepannya apa yang sudah dikerjakan dapat dijaga dan rawat jalan rabat tersebut. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang ikut berpartisipasi mulai dari diaolog 1 sampai dengan diaolog tematik 2 dan juga peresmian bangunan jalan rabat, dan khususnya forum keserasian sosial desa ranulogong yang selalu membantu dan ikut serta dalam memajukan desa.

"Saya berharap kedepannya Dinas Sosial Kabupaten Lumajang bisa terus hadir dalam memberikan informasi dan penyuluhan untuk warga Ranologong  sehingga bisa selalu sinkronisasi dan terus berlanjut pada program program yang lain,"ujar Kades.

Rudik M Kholik selaku Pendamping Keserasian Sosial Kabupaten Lumajang memberikan semangat kepada warga Desa Ranulogong untuk selalu menjaga nilai nilai luhur dan budaya, dengan melestarikan maka budaya dan kesenian akan terus bertahan dimasa apapun juga. 

"Nantinya peserta bisa melihat jalan rabat beton yang sudah selesai dan sekaligus prasasti keserasian sosial Desa Ranulogong menjadi saksi bahwa  konflik yang dulu pernah ada sudah ada solusi dan berharap warga semakin rukun dengan adanya program dari kementerian,'' jelasnya.

Untuk itu kearifan lokal seperti hadrah, glipang, ruwat desa, Reog dan lainya bisa dilestarikan, untuk itu ada program dari Kementerian Sosial lewat pendamping KS dan Forum keserasian sosial Desa Ranulogong, agar warga lewat tokoh pemuda serta kepala desa untuk mengusulkan jenis kesenian.

Narasumber lainnya Mokhamad eko santoso selaku Koordinator Taruna Siaga Bencana Kabupaten Lumajang menyampaikan Tagana akan selalu bersinergi dengan pelopor perdamaian dalam membantu masyarakat yang alami bencana. 

"Terkait kegiatan diaolog tematik 2 dan peresmian bangunan fisik berupa jalan pertama tama dalam masa pandemi virus corona ini sangat memberikan apresiasi untuk peserta yang datang tetap mengunakan protokol kesehatan dan untuk fisik jalan dengan dukungan warga secara bergotong royong akan menciptakan desa semakin kuat dan guyub rukun," pungkasnya. (tim)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama