Terjunkan 1.270 PPDP, KPU Situbondo Gelar Gerakan Coklit Serentak Pilbup dan Wabup 2020


Jawapes Situbondo - KPU Situbondo gelar Media Gathering Gerakan Coklit Serentak pemilihan bupati dan wakil bupati lanjutan tahun 2020 di Kantor KPU Situbondo, Sabtu (18/7/2020). Kegiatan masa tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih dilaksanakan sejak tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus oleh PPDP.

Imam Nawawi, M.HI selaku Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM
menjelaskan bahwa hari ini sebanyak 1270 PPDP se-Kabupaten Situbondo dan luar daerah mengadakan Coklit serentak, yaitu pelaksanaan apel mengawali kesiapan Coklit di KPU Situbondo dan masing-masing kecamatan yang diikuti PPK, PPS dan PPDP. Berdasarkan intruksi dari KPU pusat harus ada tokoh atau figur publik yang bisa di coklit setiap kecamatan dengan pengusulan dari PPK dan langsung KPU daerah mendampingi. Selama proses Coklit berlangsung, PPDP juga menyampaikan sosialisasi bahwa pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati yang awalnya pada tanggal 23 September 2020 berubah menjadi tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

"Untuk antisipasi beberapa opini publik, bahwa partisipasi pemilihan selama pandemi Covid - 19 akan mengalami penurunan, maka KPU Situbondo selaku penyelenggara akan melakukan strategi dengan cara setiap PPDP melakukan Coklit serentak dan sosialisasi langsung dengan mendatangi ke rumah masing-masing pemilih atau door to door," jelasnya.


Lebih lanjut, perlu diketahui bahwa seluruh petugas penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, terutama bagi PPDP lalu PPS, PPK bahkan KPU sekertariat telah melaksanakan rapid test.

"Jadi kami berharap kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir menerima kedatangan petugas kami, saat melakukan coklit karena sudah dinyatakan sehat dan steril dari Covid 19. Selama pandemi, PPDP saat bertugas akan dibekali APD dan tanda pengenal (identitas) berupa ban lengan. Kami memastikan bahwa pelaksanaan coklit serentak sesuai protokol kesehatan," ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah wartawan media cetak, online dan elektronik se - Kabupaten Situbondo.
(Fit/Fin)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama