Kampung Tangguh Nusantara Candi Desa Pesawahan, Diresmikan oleh Wakapolresta Banyumas

Jawapes Banyumas - Peresmian Kampung Tangguh Nusantara Candi, Desa Pesawahan Kecamatan Rawalo dilakukan oleh Wakapolresta Banyumas AKBP. Kristanto Yoga Darmawan, SIK, M.Si dengan didampingi Bupati Banyumas, Wakil Bupati, Ketua DPRD dan Dandim 0701/Wijayakusuma bersamaan dengan Pengukuhan Bunda Rumah Tanggap Siaga Bencana (Bu-RNA) Tingkat Kabupaten Banyumas, Kamis (25/6/2020).

Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi merupakan program Polri yang didukung oleh Pemda, BPBD dan Instansi terkait dalam rangka percepatan penanganan dan penanggulangan dampak covid 19. Acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda, BPBD Banyumas, Forkopimka Rawalo dan masyarakat Desa Pesawahan.

Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein mengaku senang dengan apa yang dilihat dan dilakukan oleh masyarakat Desa Pesawahan.

"Saya lihat desanya bersih, masyarakatnya saya lihat semua pakai masker, didepan rumah ada tempat cuci tangan. Semoga ini berkelanjutan dan dapat ditiru oleh desa disekitarnya termasuk desa tetangga Kecamatan," katanya.

Menurut Bupati yang lebih penting adalah implementasi masyarakat Desa Persawahan, berharap warga benar-benar menjaga kampungnya secara rutin dengan melakukan pantauan, saling jaga, menerapkan protokol kesehatan.

Sementara  Wakapolresta Banyumas AKBP Kristanto Yoga Darmawan SIK, M.Si mengatakan, peresmian kampung tangguh Nusantara Candi adalah untuk membentuk masyarakat yang mandiri dan berdaya, katanya.

"Karena sumber daya manusia adalah aset yang utama sehingga diharapkan dengan pembentukan kampung tangguh nusantara ini, yang memenuhi 5 kriteria tangguh yaitu tanggap informasi, tanggap kesehatan, tanggap keamanan dalam mengelola kamtibmas, tanggap pangan dan tanggap bencana yang diharapakan masyarakat mampu berdikari, mandiri dan berdaya di tengah pandemi covid-19," jelas Wakapolresta.

Wakapolresta menilai, Desa Pesawahan dinyatakan siap untuk menjadi kampung tangguh sehingga dapat ditiru oleh kampung-kampung lainya yang bekerja sama dengan seluruh stake holder dan elemen masyarakat.

"Dengan adanya pencanangan kampung tangguh Nusantara Candi di Desa Pesawahan Rawalo ini, diharapkan akan menjadi percontohan bagi masyarakat di kampung-kampung yang lainnya di Kabupaten Banyumas. Untuk mewujudkan harapan, bahwa seluruh desa menjadi Kampung Tangguh Nusantara Candi," pungkas AKBP Kristanto.

Dalam peresmian, diawali peninjauan pos-pos penanganan covid-19 dengan menggunakan sepeda. Selain itu juga ditunjukkan rumah percontohan protokol kesehatan, pos makanan bergizi, pos UMKM kripik tempe, lumbung padi, pos siskamling, pos penanggulangan bencana dan pos kesehatan desa.(Cpt)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama