Hari Raya Idul Fitri, 77 WBP Rutan Kota Agung Dapat Remisi


Jawapes Tanggamus - Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada hari ini Minggu (24/05) dirayakan berbeda oleh seluruh umat muslim didunia. Hari Raya yang biasanya penuh riuh ramai sanak keluarga bersilaturahmi, kali ini tidak bisa dilakukan karena kebijakan pemerintah untuk melakukan phisical distancing akibat merebaknya Covid-19 di penjuru Indonesia.

Begitu pula suasana Perayaan Idul Fitri Tahun ini di Rutan Kota Agung. Mematuhi himbauan pemerintah, warga binaan mengawali perayaan lebaran dengan melaksanakan Sholat Ied di kamar masing-masing, dilanjutkan dengan pemberian remisi secara simbolis oleh Kepala Rutan Kota Agung, Akhmad Sobirin Soleh didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, JM Prameswari dan Kepala KPR,  M. Ikbal.

Dalam amanatnya yang disampaikan dihadapan 4 warga binaan yang terpilih untuk mewakili penerimaan secara simbolis, Sobirin mengucapkan selamat kepada warga binaan yang memperoleh remisi tahun ini. Dari total isi penghuni hari ini yang berjumlah 291 orang, 77 orang diantaranya mendapat Remisi Idul Fitri 1441 H , dengan rincian 71 orang dari kategori remisi normal dan 6 orang kategori PP 99.


"Mereka yang memperoleh remisi adalah warga binaan yang telah memenuhi syarat substantif dan administratif diantaranya berkelakuan baik, telah menjalani masa pidana paling sedikit 6 bulan, dan perkaranya telah berstatus hukum tetap," terang Sobirin

Lanjutnya, dari 77 orang, yang memperoleh remisi sebesar 15 hari sebanyak 56 orang, 1 bulan sebanyak 19 orang, 2 bulan sebanyak 2 orang.

Sementara itu, tidak ada warga binaan yang langsung bebas setelah mendapat remisi lebaran tahun ini. Menurut Sobirin, hal ini dikarenakan rata-rata yang mendapat remisi tahun ini adalah warga binaan hukuman tinggi. Untuk warga binaan yang hukuman rendah telah dikeluarkan melalui program asimilasi beberapa waktu lalu.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga binaan Rutan Kotaagung yang telah menjaga situasi tetap kondusif selama masa sulit ini. Di momen kemenangan ini mari kita sama-sama berdoa agar Pandemi cepat berlalu dan Indonesia kembali pulih seperti sedia kala," harap Sobirin.

(Ady)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama