BPIP Gelar Konsert Ketika Pancasila Sudah Di Amandemen

            Prihandoyo Kuswanto
                (Berbajuh putih)
Oleh : Ir. Prihandoyo Kuswanto
Ketua Rumah Pancasila.

Jawapes Surabaya - Kedengaran nya ganjil kok BPIP gelar konsert hanya di rezim ini ada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila gelar konsert.
Terus logika nya dimana Ideoligi Pancasila itu sudah diamandemen ,sebab yang dimaksud dengan ideologi Pancasila itu ya UUD1945 asli dari Pembukaan ,Batang Tubuh ,sampai penjelasan nya .

"Ideologi Pancasila itu untuk mengatur ketatanegaraan" oleh sebab itu pendiri negeri ini sudah meletakan sistem ketata negaraan yang original berangkat dari budaya bangsa nya oleh sebab itu Keadilan sosial adalah protes yang maha hebat kepada sistem  Individualisme ,Liberalisme ,Kapitalisme .sebab ketiga unsur itulah yang melahirkan penjajahan dimuka bumi ( Kolonialisme Imperalisme ) bahkan yang membuat kerusakan dimuka bumi adalah kolonialisme  dengan pecah nya perang dunia ke satu dan kedua.
Kolonialisme adalah musuh bangsa ini sebab tiga setengah abad bangsa ini berada didalam cengkeraman penjajahan dan penghisapan .
  Ijtima Ulama & tokoh Nasional 
Amandemen UUD 1945 adalah bentuk pengkhianatan terhadap perjuangan anti penjajahan ,akibat berubah nya sistem kedaulatan rakyat menjadi kedaulatan partai politik maka kerusakan pranata ketatanegaraan berbanding lurus dengan kerusakan moral para pelaku politik ,korupsi bagian dari sistem politik di Indonesia .Pilkada Pilpres ,Pileg ,semua nya dengan  strategi curang dan tidak bermartabat .
Sogok menyogok pada penyelenggara pemilu KPU kasat mata dari kasus ke kasus KPK sydah menangkap anggota KPU semua kecurangan dilindungi oleh berbagai pihak dan bertemali .

Bahkan yang menyedihkan korban virus pilpres hampir 900  petugas KPPS meninggal dunia tidak jelas sebab musabab nya tIdak ada autopsi sebagai alat bukti justru tidak dilakukan sehingga  menjadi gelap .

"Apakah kerusakan ketatanegaraan ,kerusakan Ideologi  Pancasila bisa diselesaikan dengan model konsert brang,breng,brong ?!!". 

Sungguh miris jika BPIP yang kata nya sebagai gawang Ideologi Pancasila justru tidak mengerti bahwa akibat amandemen UUD1945 yang diamandemen itu adalah Ideologi Pancasila .
              Form Peduli Bangsa
Bangsa ini mengalami kerusakan pada logika berfikir , suatu saat Presiden marah besar akibat semua kebutuhan dimport loh ini logika nya bagaimana ?kekuasaan ada ditangan presiden mau import atau tidak import ya tergantung keputusan presiden,tinggal mentrinya di jitak jangan import ini dan itu stop kita nanam sendiri ,jangan beri ijin pabrik baja asing ,pabrik semen asing ,pakai milik sendiri wong kekuasaan ada ditangan ,kan lucu logika nya bagaimana marah-marah  pada diri sendiri .

"Bagaimana BPIP mau ngomong ideologi Pancasila kalau tidak paham terhadap sistem negara berdasarkan Pancasila".

Amandemen UUD 1945 banyak rakyat tidak mengetahui sesungguhnya amandemen yang telah dilakukan sejak tahun 2002 telah mengubah negara Proklamasi 17 Agustus 1945. Dari negara berdasarkan Pancasila menjadi negara yang berdasar liberalisme, kapitalisme.

Sistem negara Proklamasi adalah berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan sustem sendiri atau  sistem MPR. Kemudian sistem ini  diamandemen, diganti dengan sistem presideseil danUUD 1945 asli digant j dengan  UUD 2002. 

Apa bedanya sistem MPR ,dengan sistem presidenseil?

Sistem MPR basisnya adalah  elemen rakyat ada yang dari demokrasi politik duwakili DPR ada yang dari demokrasi fungsionil yang diwakili utusan golongan dan utusan daerah .mereka duduk sebagai anggota  MPR  semya ekemen bangsa terwakili wujud dari negara semua untuk semua .MPR Adalah  lembaga tertinggi negara yang menjalankan kedaulatan rakyat. Oleh sebab itu MPR terdiri dari utusan-utusan golongan yang mewakili seluruh elemen bangsa. Tugasnya merumuskan Amandemen UUD 1945 banyak rakyat tidak mengetahui sesungguhnya amandemen yang telah dilakukan sejak tahun 2002 telah mengubah negara Proklamasi 17 Agustus 1945. Dari negara berdasarkan Pancasila menjadi negara yang berdasar liberalisme, kapitalisme.

Sistem negara Proklamasi adalah berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan sistem MPR. Kemudian diamandemen, diganti dengan sistem presideseil dan UUD 2002. Apa bedanya sistem MPR ,dengan sistem presidenseil?
Sistem MPR basisnya elemen rakyat adalah MPR Sebagai lembaga tertinggi negara yang menjalankan kedaulatan rakyat. 

Oleh sebab itu MPR terdiri dari utusan-utusan golongan yang mewakili seluruh elemen rakyat.

Tugasnya merumuskan politik rakyat yang disebut GBHN. Setelah GBHN terbentuk dipilihlah Presiden untuk menjalankan GBHN. Oleh sebab itu, presiden adalah mandataris dari MPR . 

Sistem presidenseil basisnya Individualisme. Maka kekuasaan diperebutkan banyak-banyakan suara, kuat-kuatan, pertarungan, kalah menang. Yang menang mayoritas dan yang kalah minoritas. Presiden menjalankan janji-janji kampanyenya. Kalau tidak ditepati janjinya ya harap maklum. Artinya diakhir masa jabatan presiden tidak mempertangungjawabkan kekuasaannya.

Amandemen UUD 1945 seharusnya dilakukan dengan referendum. Tetapi MPR telah melakukan akal -akalan yang tidak elok dengan cara mencabut tap MPR No 4 th 1993 tentang referendum. Agar amandemen rakyat tidak dilibatkan dalam mengambil keputusan.

Tentu saja hal ini perlu dipersoalkan. Sebab Amandemen bukan sekedar menambah dan megurangi pasal-pasal didalam batang tubuh UUD1945. Yang terjadi justru mengamandemen prinsip-prinsip negara berdasarkan Pancasila.

        Ir. Prihandoyo Kuswanto
BPIP seharusnya bicara tentang sistem negara berdasarkan Pancasila ,bicara bagaimana Ideologi Pancasila itu.dikembalikan maka peran BPIP adalah mengembalikan Ideologi Negara Pancasila .
Karena Ideoligi Pancasila itu adalah UUD 1945 asli dari Pembukaan ,Batang tubuh dan penjelasan nya ,maka peran BPIP justru harus mendorong dikembalikan nya Pancasila dan UUD1945 asli ,bukan mengadakan konsert yang ngak ada juntrungan nya dengan Ideologi Pancasila.
Terlaky kecil kalau BPIP ikut-ikutan terlibat didalam Konsert dan ngak pantas sekelas lembaga yang menggawangi Ideologi Pancasila justru abai terhadap Ideologi Pancasila .
Pikiran BPIP itu harus nya bicara tentang tergusur nya Ideologi Pancasila yang diletakan pada sistem Indibidualisme,Liberalisme,Kapitalisme ? 
Bagaimana UUD hasil amandemen itu tidak lagi berdasarkan Pancasila tem-tema dan isu seperti ini bidang garapan BPIP Bukan ikut nimbrung urusan konsert.
Semoga kita semua sadar bahw negara ini sudah tidak berideologi Pancasila .
(C San/Prihandoyo)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama