Wakapolri Buka Rakernis Baharkam Tahun 2020 Secara Resmi di Pusdik Porong

Jawapes Sidoarjo - Dengan mengusung tema “Baharkam Polri Beserta Jajaran Siap Mengamankan Pilkada Serentak dan PON XX Tahun 2020 serta Memelihara Kamtibmas Guna Mendukung Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju”, Rakernis Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Tahun Anggaran 2020 resmi dibuka oleh Wakapolri Komjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si, di Pusdik Sabhara Porong, Kabupaten Sidoarjo, Selasa (10/3/2020).

Dalam sambutannya, Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, menerangkan bahwa rakernis ini dihadiri 390 peserta dari 34 Polda dan berbagai unsur terkait, dalam rangka menyelaraskan pemahaman para direktur jajaran Baharkam kewilayahan dalam mendukung implementasi kebijakan dan strategi Polri tahun 2020.

“Baharkam Polri merupakan satuan kerja yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi pembinaan keamanan yang mencakup pemeliharaan dan upaya peningkatan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri," terangnya.


Usai Rakernis, Wakapolri Komjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si, menjelaskan kepada wartawan, dengan terlaksananya Baharkam ini, yang bertujuan akan menyamakan persepsi dan visinya dalam menghadapi berbagai kerawanan ke depan. Untuk itu, kegiatan Baharkam ini juga akan mendapat masukan dari para narasumber baik dari dalam maupun luar selain dari Polri.

Disinggung mengenai kemungkinan  kerawanan yang ada, Wakapolri sampaikan bahwa di tahun 2020 ini, Indonesia akan mempunyai dua agenda besar, yaitu sebanyak 270 Pilkada serentak, baik Pilbup, Pilgub maupun Pilwali. Serta menghadapi PON XX tahun 2020 di Papua disamping agenda nasional lain, seperti lebaran maupun tahun baru dan lainnya.

"Kita rencanakan pengamanan keseluruhannya termasuk persiapan pengamanan PON XX tahun 2020 di Papua, dimana Kabaharkam daerah akan dikawal dari Polda nya masing-masing," pungkas Wakapolri.

Perlu diketahui bahwa disela kegiatan tersebut, Wakapolri juga meninjau Alsus dari Baharkam yang diserahkan ke Pusdik Porong, antara lain :
- 4 Unit Ranmor Patroli R4  4 unit
- 1 Unit Ranmor R4 Patroli Obvit
- 1 Unit Ransus R4 K-9
- 5 Unit Ranmor R2 Patroli Obvit
- 1 Unit Perahu Karen
- 120 Set Kopel Patroli
- 30 Set HT
- 100 Unit Gigaphone
- 100 Unit Pelampung


(tyaz)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama