Pemdes  Nampan Tekankan Masyarakatnya Agar Aktif ke Posyandu Cek Kesehatan


Jawapes Ponorogo - Posyandu lansia atau pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan

Secara umum posyandu lansia bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia untuk mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

Di Desa Nampan, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo jumlah peserta posyandu lansianya mencapai 476 lansia. Dari jumlah peserta tersebut dalam pelayanannya terbagi dalam 4 kelompok, yaitu 3 kelompok di Dukuh Krajan dan 1 kelompok di Dukuh Glagah Ombo.


Disampaikan oleh Kepala Desa Nampan, Teguh Prayitno, bahwa program posyandu lansia tersebut dalam pelaksanaannya tidak ada pungutan biaya dari peserta posyandu lansia, semuanya sudah dianggarkan dalam anggaran APBDes.

Adapun pelayanan yang diberikan dalam posyandu lansia tersebut diantaranya;  pengecekan tensi (tekanan darah), pengecekan gula darah, pengecekan kolestrol, pemberian vitamin, pemberian makanan tambahan dan senam kebugaran untuk lansia.

Sebagai seorang Kepala Desa, Teguh Prayitno berharap kepada masyarakat Desa Nampan yang sudah masuk usia lanjut, agar aktif memeriksakan dirinya ke posyandu, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, agar bisa mendeteksi kesehatannya dan segera ada tindakan atau penanggulangan saat terdeteksi kesehatannya menurun. (Gst)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama