Danramil Pringkuku Hadiri Pelatihan Masyarakat di Bukit Sentono Gentong

Jawapes Pacitan - Dalam rangka mengimplementasikan Modul Pembangunan Desa Wisata dalam mendukung Program Prioritas Nasional Desa Wisata Tahun 2020, Pusat Pelatihan Masyarakat (Puslatmas) Kementerian Desa menyelenggarakan pelatihan masyarakat desa bertempat di Sentono Gentong Dusun Krajan Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan, Rabu (12/2/2020).

Ketua Balai Besar Latihan Masyarakat Luluk mengatakan, kegiatan ini merupakan kesempatan emas dalam mendukung SDM Unggul Indonesia Maju yang berinovasi, bersinergi dalam mengimplementasikan Pengembangan Destinasi Wisata  Desa Bukit Sentono Gentong.

"Pengembangan desa wisata komunitas masyarakat berbasis kearifan lokal sebagai modal utama dalam pengembangan desa wisata, sistem dan tata kelola desa wisata," kata Luluk.

Lebih lanjut kelembagaan pengelola desa wisata (AD/ART) serta pengintegrasian perencanaan pembangunan desa wisata (musdes, RPJM Desa juga RKP Desa dan APB Desa).

"Pengembangan produk pariwisata, pemasaran produk wisata, monitoring dan evaluasi pembangunan desa wisata, advokasi pembangunan desa wisata, menjalin kerjasama dan kemitraan," jelas Ketua BBLM Yogyakarta  Luluk.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Sanyoto mengatakan, pembangunan desa wisata ini sebagai pembekalan para PSM/Pemandu dalam melaksanakan pelatihan bagi masyarakat untuk mengembangkan desa wisata.

Sanyoto memberikan arahan, dengan pelatihan ini akan ada sinergi antara pemerintah desa, masyarakat dan kader-kader untuk membangun desanya terkait dengan SDM, ucapnya.

Mereka diharapkan dapat menggali potensi desa agar menjadi desa yang lebih maju, mandiri dan berkarya.

Sementara itu Danramil 0801/12 Pringkuku Kapten Inf B.A Norodin ikut memberi arahan, "Semoga dengan adanya kegiatan ini mampu  meningkatkan sumber daya manusia terutama di wilayah Kecamatan Pringkuku," ujar Danramil Norodin.(tim)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama