Dinas Perikanan Situbondo Lakukan Reboisasi Penanaman 4000 Bibit Cemara Laut


Jawapes Situbondo - Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Perikanan Situbondo dalam hal ini Bidang Pemberdayaan Nelayan bersinergi dengan Polres Situbondo, TNI, masyarakat juga pelajar melaksanakan kegiatan penghijauan penanaman bibit Mangrove Asosiasi ( cemara laut ), Selasa (28/1/2020) Desa Duwet, Kecamatan Panarukan.

Ada 4 desa secara serentak dilakukan penanamannya yaitu Duwet, Gelung, Peleyan dan Kilensari. Terlihat hadir pada giat tersebut selain para kades ke 4 desa, Forpimka, Kadis Perikanan Sopan Efendi, S.STP., M.Si., Kapolres Situbondo AKBP Sugandi, S.I.K., M.Hum., Kasat Polair AKP Lukman Hadi, SH., Komandan Pos TNI AL Panarukan Peltu Didik Iswahyudi juga undangan lainnya.
           
Kadis Perikanan Situbondo menjelaskan bahwa Kabupaten Situbondo memiliki panjang garis pantai sekitar 150 Km, dimana terdapat 13 kecamatan berpantai yang terbentang mulai dari Kecamatan Banyuglugur sampai Kecamatan Banyuputih. Kondisi geografis tersebut memiliki resiko adanya gelombang laut yang menghantam pantai. Berdasarkan laporan masyarakat sekitar pantai, setiap tahun utamanya para nelayan menerima dampak erosi, abrasi dan gelombang laut yang masuk ke pemukiman warga.

"Maka dari itu dilakukan reboisasi penanaman bibit cemara laut sebanyak 4000. Kedepannya tanaman agar dijaga dan pelihara. Untuk itu dibutuhkan sinergitas bersama agar bermanfaat," harap Sopan Efendi.

Sementara itu, Kapolres Situbondo menyampaikan bahwa Satpolair Polres Situbondo melaksanakan program dari Kapolri yaitu Polisi Peduli Penghijauan, bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan TNI melakukan penanaman bibit cemara laut di pinggir pantai. Sehingga dapat menjaga ketahanan akibat abrasi serta mampu memelihara habitat laut. Apabila sudah tumbuh besar bisa dimanfaatkan sebagai daerah wisata.                                   

"Alasan melibatkan seluruh elemen masyarakat seperti tokoh - tokoh pemuda dan pelajar tujuannya agar masyarakat memiliki rasa kepedulian serta mencintai kegiatan penghijauan sejak dini," ujar AKBP Sugandi.



Adi Chandra selaku Kades Duwet bersyukur dengan adanya program penghijauan di desanya saat ini. Dan menginginkan bisa menjadi ikon wisata untuk desa setempat yaitu pantai cemara. (Tim)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama