Peken Lawas Candimulyo (PLC) Destinasi Wisata Serasa Tempo Dulu


Jawapes Madiun - Peken Lawas Candimulyo (PLC) adalah destinasi wisata baru bagi masyarakat desa Candimulyo Dolopo dan sekitarnya yang ingin bernostalgia menikmati suasana pasar pedesaan tempo dulu.

PLC di gagas oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Langen Mulyo, Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, untuk menjadikan destinasi wisata baru yang  dilandasi keinginan untuk melestarikan tradisi masyarakat baik berupa makanan, permainan hingga suasana pasar tempo dulu.

Ketua Pokdarwis Langen Mulyo  Desa Candimulyo, Rachmad Sodik kepada Jawapes menjelaskan Pengembangan Peken Lawas Candimulyo (PLC) ini dilandasi keinginan untuk melestarikan tradisi masyarakat baik berupa makanan, permainan dan
menekankan sebagai wahana wisata keluarga, Minggu lalu (22/12/19).

Ketua Pokdarwis Langen Mulyo Desa Candimulyo, Rachmad Sodik

"PLC dikembangkan sebagai wahana wisata keluarga yang berkonsep nuansa pasar pedesaan tempo dulu," kata Rachmad Sodik.

Menurut Rahmad Sodik, PLC dibuka setiap hari Minggu pagi yang diawali dengan kegiatan senam bersama dan pertunjukan kesenian dilanjutkan dengan pembagian door prize.

Pasar yang terletak dilapangan desa Candimulyo ini dikemas dengan nuansa pedesaan, Stan pedagang dibuat dari bambu beratap rumbia daun tebu.

Segala macam jajanan dan makanan tradisional bisa ditemui,seperti Cenil, gethuk,es strop, dawet, jenang, grontol, gatot, nasi pecel, tiwul, gule dan lain-lain.

Yang lebih menarik lagi alat transaksi pembayaran tidak menggunakan rupiah tetapi koin kelipatan. Dimana pengunjung yang ingin membeli makanan harus menukarkan uang rupiah dengan koin sebagai alat transaksi. Selain itu juga ada spot Selfi dengan latar pemandangan gunung Wilis.

"Di PLC transaksi pembelian menggunakan koin, pengunjung harus menukar uang rupiah dengan koin bila ingin  membeli makanan," terang Rahmad Sodik.

Daya tarik Peken Lawas Candimulyo (PLC) rupanya juga menarik perhatian Camat Dolopo, Heri Fajar Nugroho, S.sos, Msi. Dirinya sangat mengapresiasikan kegiatan Peken Lawas Candimulyo (PLC ) yang diinisiasi oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai kearifan lokal yang luar biasa dari masyarakat Candimulyo, sebagai pelestari budaya, penggerak ekonomi daerah dan menjadi ajang kreatifitas seni dan budaya dalam menciptakan masyarakat mandiri dan berbudaya.

Camat Dolopo, Heri Fajar Nugroho, S.Sos, M.Si

"Pokdarwis itu adalah salah satu tulang punggung yang mewujudkan Kabupaten Madiun yang aman, mandiri, sejahtera dan berakhlak, dimana salah satunya perkembangan pariwisata yang berkelanjutan," kata Camat Dolopo, Heri Fajar Nugroho kepada wartawan Jawapes.

Heri Fajar Nugroho juga menuturkan bahwa PLC ini masih bisa dikembangkan lagi sebagai sarana olahraga, sarana kegiatan ekonomi, sarana wisata keluarga kedepannya akan dibangun taman bunga mawar dan bunga melati sebagai refesing keluarga dan sebagai tempat budidaya. bunga mawar dan melati yang mempunyai nilai ekonomi .

"Kedepannya  bisa dikembangkan sebagai sarana olahraga, kegiatan ekonomi UMKM," tutur Camat Dolopo.(Bn)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama