Pemdes Polorejo, Gelar Kesenian Reog Ponorogo dan Wayang Kulit Dalam Rangka Bersih Desa

Pemdes Polorejo, Gelar Kesenian Reog Ponorogo dan Wayang Kulit Dalam Rangka Bersih Desa


Jawapes Ponorogo
- Seperti layaknya desa-desa yang lainnya, Desa Polorejo, Kecamatan Babatan, Ponorogo, juga mengadakan bersih desa, dalam setiap satu tahun sekali. Bersih desa ini merupakan tradisi yang sudah turun temurun sejak dulu.

Dengan bersih desa atau sedekah bumi, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME dan menyampaikan do'a untuk para leluhur, utamanya yang pernah babat desa, dengan harapan desa tersebut akan terlepas dari segala cobaan, musibah, petaka, kesulitaan, gagal panen ataupun musibah yang lain. Setelah diadakan bersih desa mudah-mudahan akan diberikan nikmat yang lebih oleh Allah SWT, sehingga desa tersebut akan menjadi aman, damai, dan sejahtera. Semua urusan dipermudah, pembangunan lancar, masyarakat guyub dan rukun.

Di sampaikan oleh Kepala Desa Polorejo, Hariyanto bahwa bersih desa ini dimeriahkan di tiap dusun, namun pemerintah desa memfokuskan kegiatan tersebut disalah satu dusun secara bergantian setiap tahun. Dijelaskan oleh Hariyanto, bahwa pada tahun ini, kegiatan bersih desa difokuskan di Dusun Beji.

Apapun rangkaian kegiatan bersih Desa Polorejo tahun ini diantaranya :
1. Jumat (19/7/2019) malam diadakan istighosah dan do'a bersama, bertempat di halaman Kepala Dusun Beji.
2. Sabtu (20/7/2019) siang digelar kesenian Reog Ponorogo di Dusun Beji.
3. Sabtu (20/7/2019) malam, pagelaran kesenian tradisional wayang kulit semalam suntuk dengan menampilkan dalang Ki Cahyo Kuntadi, dari Solo, yang menceritakan lakon "Semar Bangun Jiwo", yang dimeriahkan oleh sinden Sukesi Rahayu dan pelawak kondang Jawa Timur.

Kepala Desa Polorejo, Hariyanto, berharap dengan kebersamaan dan hikmah dalam pelaksanaan kegiatan bersih desa tersebut akan meningkatkan sinergisitas antara kepala desa, perangkat, lembaga desa dam masyarakat, sehingga bisa mewujudkan kebersamaan dalam membangun Desa Polorejo.

Hariyanto juga menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan YME dan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat Desa Polorejo, kerena masih diberi amanah untuk menjabat sebagai kepala desa lagi.(Gst)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama