AKD Wringinanom Selenggarakan Pembinaan Peningkatan Kinerja Perangkat Desa


Jawapes Gresik - Upaya sejumlah Kepala Desa yang terhimpun dalam Asosiasi Kepala Desa (AKD) se-Kecamatan Wringinanom untuk meningkatkan kinerja perangkat desa selenggarakan Pembinaan dan Penguatan Kapasitas Perangkat Desa di Hotel Merah Sarangan Magetan, Sabtu (8/12/2018).

Supranoto selaku ketua AKD menjelaskan bahwa kepala desa dan perangkat desa harus selalu berkoordinasi baik di bidang pembangunan maupun kemasyarakatan.

"Jika kepala desa dan perangkat desa tidak kompak maka sistem pemerintahan akan berjalan ditempat," tutur Supranoto.

Sementara itu, ketua PPDI Kabupaten Gresik Siswadi menyampaikan bahwa secara struktural perangkat desa harus taat kepala desa, selain perangkat desa merupakan bawahan juga diangkat dan diberhentikan oleh kepala desa.

"Mari kita belajar sesuai dengan tugas masing-masing karena maju mundurnya desa tergantung pada AKD dan PPDI," harapnya.

Camat Wringinanom Suwartono mengingatkan bahwa tugas dan kewajiban perangkat desa adalah melayani masyarakat.

"Mari rapatkan barisan dan samakan persepsi dalam melayani masyarakat, jika hubungannya dengan hak sesuaikan dengan tugas masing-masing, saya mengapresiasi kepala desa dan perangkat desa yang sudah kompak," harap Suwartono.

Kegiatan pembinaan tersebut di sampaikan langsung oleh Kepala DPMD, Edi Hadi Siswoyo. Poin inti yang disampaikan adalah perangkat desa harus tertib adminstrasi,  pengelolaan keuangan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), serta pelaksanaan dan pelaporan kegiatan yang sudah dianggarkan. Edi juga mengingatkan pentingnya membangun sebuah komitmen dan kebersamaan dalam melayani masyarakat.

Pembinaan yang di ikuti oleh seluruh perangkat desa tersebut dihadiri Kepala DPMD dan anggota DPRD Kabupaten Gresik. (Jaz)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama