Lomba Joget Tik Tok PKK Desa Wangon Menggelora Pecah, Penonton Gemuruh Sorak Hurraa


Jawapes, Banyumas - Dalam Rangka Memperingati HUT RI yang ke 77 tahun, Pemerintah Desa Wangon Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas berkolaborasi dengan Tim Penggerak PKK Desa Wangon menggelar lomba Joged Tik Tok PKK dengan Tema "Prilaku Hidup Bersih dan Sehat" (PHBS), Jumat (4/8/2022) Pukul 13.30 Wib di Balai Desa setempat.

Lomba Joget Tik Tok ini memiliki kriteria yang disesuaikan pada tema PHBS sebagai penilaian, diantaranya gerakan cuci tangan pakai sabun, gerakan tidak membuang sampah sembarangan, gerakan tidak merokok, olah raga dan gerakan menimbang balita.

Terdapat 3 Dewan Juri pada lomba ini, yakni Juri 1. Supriyanto (Kepala Desa Wangon), Juri 2. dr. Dewi dan Juri 3. Budiono (Sekdes Wangon) untuk menilai 17 peserta lomba (17 RW) dalam menyeleksi dan memutuskan siapa yang menjadi pemenangnya.

Kepala Desa Wangon Supriyadi S.Sos., M.M dalam sambutannya mengatakan, tujuan lomba pada siang hari ini, agar masyarakat tau persis PHBS untuk bisa diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Sambutan Kepala Desa Wangon, Supriyadi S.Sos., MM.

Selanjutnya, diberitahukan bahwa untuk yang mendapatkan Juara I dan II nantinya akan ditampilkan di Taman Kota dalam acara resepsi besar-besaran yang akan ditonton bukan saja orang Wangon. 

"Serangkaian kegiatan yang lain, ada lomba Grak Jalan Ibu-ibu dan wajib ikut semua, kemudian lomba tarik tambang dan jangan lupa slogannya Maju Tak Gentar, Jangan Pantang Mundur. Ada juga lomba Sepak Bola untuk bapak-bapak, lomba catur dan Badminton," tuturnya.

Serangkaian itu kita tutup dengan Resepsi dan pemberian hadiah di tanggal 28 Agustus 2022. Kita mempersilahkan untuk masing-masing RW menyeleksi warganya yang akan tampil.

Sementara Parwati salah satu dari tim peserta lomba Joged Tik Tok dengan nomor urut 7 dari RW.07 Grumbul Pecikalan Desa Wangon menyampaikan, Alhamdulillah kita sudah tampil dan semringah (gembira), enerjik lah ya... Kita sudah kompak, sudah diniatkan untuk Woow.. gitu.

"Kita berlatih kurang lebih satu minggu, untuk musik pengiring Tik Tok -nya yaitu judul lagu Kuberlayar Dilautan. Sedangkan Tema PHBS -nya kita pakai yang cara cuci tangan, kemudian indikator PHBS -nya kita mengambil yang memberikan nasihat eksekutif memakan buah dan sayur, cuci tangan memakai sabun, tidak merokok, olahraga," jelasnya.

Untuk aturan lomba, tim ada 5 orang, plus durasi 5 Menit dan yang diwajibkan hanya Tema -nya saja, imbuh Parwati.

Peserta lomba joged tik tok RW.07 Grumbul Pecikalan.

Berdasarkan hasil nilai dari keputusan yang disampaikan Dewan Juri 2 Budiono menyatakan, bahwa dalam penilaian lomba joged tik tok ini adalah disesuaikan dengan gerakan, sesuai tema, sesuai musik, sesuai kekompakan serta sesuai kostum dan semangat.

"Hasil penilaian dari Dewan Juri, untuk perolehan Juara I diraih peserta nomor urut 13 dari RW.10 dengan perolehan nilai 1147, Juara II diraih peserta nomor urut 09 dari RW.13 dengan perolehan nilai 1145 dan Juara III diraih peserta nomor urut 08 dari RW.12 dengan perolehan nilai 1135," katanya.

Sedangkan Juara Harapan I yaitu diraih peserta nomor urut 16 dengan perolehan nilai 1135, Juara Harapan II diraih peserta nomor urut 07 dengan perolehan nilai 1130 dan Juara Harapan III diraih peserta nomor urut 10 dengan perolehan nilai 1125, tambahnya.

Antusias warga Desa Wangon terpantau luar biasa, begitu menggelora hingga pecah gemuruh sorak hurraa memberikan dukungan tiap-tiap peserta saat menampilkan aksinya.

Selain itu, Pemerintah Desa Wangon dalam rangkaian kegiatan HUT RI ke 77 juga masih memiliki kegiatan lomba antar RW yang akan dilaksanakan mulai tanggal 7 hingga 24 Agustus 2022 mendatang. Dan diantaranya, lomba Tarik Tambang Ibu-ibu, Sepak Bola U40, Bulu Tangkis, Catur, Gerak Jalan Kreasi, Cerdas Cermat tentang lingkup pengetahuan desa dengan materi Kurikulum Desa. 

Menurut Riswan selaku koordinator lomba dari salah satu Panitia Desa mengatakan, bahwa pada kegiatan perlombaan nanti akan dilaksanakan lomba antar RW.

"Rangkaian perlombaan tersebut diantaranya, lomba Sepak Bola yang di adakan di Lapangan Grumbul Pecikalan, lomba Bulu Tangkis di Lapang Panggang, lomba Catur di selenggarakan di Balai Desa Wangon, lomba Tarik Tambang dilaksanakan di Taman Kota Desa Wangon serta lomba Grak Jalan Kreasi yang nantinya di gelar di Jl. Raya Barat Wangon," terangnya.(Cpt)

kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan