Atasi Kendala Pemasaran, Dinas Koperasi Buat Inovasi Rumah Digital

Kepala Dinas Koperasi dan Mikro Usaha saat memberikan sosialisasi dan arahan kepada peserta UMKM


Jawapes, SITUBONDO - Manfaatkan peluang perdagangan secara online, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Situbondo gelar Sosialisasi dan Fasilitasi Kemitraan dengan e-commerce di Hotel Karisma, Kecamatan Kapongan, Kamis (18/11/2021). Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Situbondo, Drs. Nugroho, M.Si., Kabid Bina Usaha Mikro Mohammad Gatot Eka Yuliana beserta staff,  narasumber dari e-comerce Bukalapak dan para peserta dari UMKM.


Kepala Dinas Koperasi Situbondo menjelaskan bahwa selama ini UMKM di Kabupaten Situbondo sebagaian besar mengalami kendala pemasaran produknya, karena dilakukan secara konvensional. Dengan adanya hal tersebut, Dinas Koperasi Situbondo mencari terobosan agar UMKM dapat menjual produknya menggunakan teknologi atau secara online dan berinisiatif akan membuat inovasi rumah digital. Sehingga nantinya diharapkan dapat membantu para UMKM yang mengalami kesulitan ketika memasarkan produknya menggunakan online. Tentunya dengan memberikan pelatihan. Pihaknya juga menggandeng e-commerce Bukalapak agar dapat mengajarkan cara serta teknik penjualan online kepada UMKM, untuk dapat menarik pembeli.


"Jadi hari ini kita komitmen membantu para UMKM dalam memasarkan produknya. Menurut saya solusinya adalah melalui teknologi digitalisasi," terangnya.


Sementara itu, Trainer Bukalapak, Johanes mengatakan, pihaknya akan berbagi ilmu dan membantu UMKM  dalam pemasaran produknya, baik di tingkat lokal, nasional bahkan luar negeri dengan menggunakan media sosial. Nanti ada beberapa teknik penjualan online yang akan diajarkan. Kalau ingin mendapatkan omzet yang besar harus diperluas chanel penjualannya secara umum, apapun chanelnya kalau dilakukan dengan efektif dan efisien maka akan tercapai target omsetnya.


"Kami berpesan kepada UMKM pemula agar selalu membuka diri untuk menerima ilmu-ilmu baru. kemudian harus konsisten dengan usaha penjualannya dan lakukan pendelegasian," ucapnya. (Fit)


kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan