5 Program Baznas Lumajang, Bupati Thoriqul Haq: Lebih Fleksibel Bantu Masyarakat

Bupati Lumanjang berikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan saat rapat kerja


Jawapes, LUMAJANG  - Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Lumajang dikabarkan memiliki 5 program unggulan untuk menyentuh masyarakat kurang mampu.


Lima program unggulan tersebut diantaranya, Lumajang Peduli yang memberikan bantuan kepada kaum duafa, Lumajang Takwa yang memberikan bantuan kepada masjid dan mushala serta guru ngaji di daerah terpencil, Lumajang Sehat yang memberikan bantuan kepada masyatakat yang sakit, Lumajang Makmur memberikan pelatihan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Lumajang Cerdas memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu.


Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyebut, 5 program unggulan Baznas sangat dibutuhkan dan mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.


"Tentu saya mengapresiasi langkah-langkah program Baznas yang langsung melakukan tindakan sebagai mitra pendamping pemerintah dalam menyelesaikan persoalan krusial di masyarakat," ujar Cak Thoriq (sapaan akrab) Bupati Lumajang saat membuka Rapat Kerja 2021 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lumajang di Aula Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang, Selasa (10/3/2021).


Menurut Cak Thoriq, program Baznas dirasa lebih fleksibel dalam memberikan bantuan, seperti pada kasus orang sakit, dalam kondisi darurat masyarakat kurang mampu bisa mengajukan bantuan untuk keperluan pengobatan secara langsung.



"Kami akan mendukung program Baznas Kabupaten Lumajang melalui penambahan dana hibah. Diharapkan melalui dana tersebut dapat membantu masyarakat secara langsung," teranganya.


Lebih lanjut, pihaknya akan memberikan surat edaran agar jajaran ASN Pemkab Lumajang mengeluarkan zakatnya melalui Baznas Kabupaten Lumajang.


Sementara, Ketua Baznas Kabupaten Lumajang Atok Hasan Sanusi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang yang telah mendukung program Baznas Kabupaten Lumajang.


"Ini luar biasa, sejak zaman Bupati Fauzi dulu hingga sekarang, sudah baik zakatnya, pemerintah daerah selalu support mendukung, InsyaAllah permasalahan umat bisa teratasi," pungkasnya.


Disamping program tersebut, ada lagi gerakan peduli bencana alam dan bencana sosial. Semua sudah dilakukan dibeberapa lokasi bencana alam seperti musibah gunung semeru, angin puting beliaung sampai banjir di Lumajang. 


"Gerakan peduli bencana baznas Lumajang memberikan bantuan sembako dan pendistribusian nasi bungkus, dan tim reaksi bencana alam selalu siap 24 jam dan siap berkoordinasi dengan Instansi terkait," paparnya. (eko)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama