Gorengan Templek, Kuliner Khas Banyumas Selain Tempe Mendoan

kuliner khas Banyumas


Jawapes Banyumas
- Templek adalah salah satu makanan kuliner khas Banyumas yang tidak bakal dijumpai di kota manapun. Penganan ini terbuat dari sisa pengolahan tahu yang kemudian dibulatkan kecil-kecil seukuran bola bekel dan untuk tambahan rasa dicampur dengan bawang putih, kencur, dan cabai yang telah dihaluskan.

Adonan yang telah terbalur bumbu dan membulat, kemudian dicelupkan dalam tepung lalu digoreng. Ketika digigit dalam keadaan panas, ada sensasi renyah lembut di dalamnya dan cita rasa rempah yang langsung meruah. Jika kurang pedas, bisa dikunyah menggunakan cabai atau dicocol sambal kecap.

Jenis makanan ini ada juga yang menyebut dengan nama Ranjem, ujar Mastuti penjual gorengan templek di Pusat Kuliner Prathista Hasta Kota Purwokerto.

Selain templek, ada berbagai olahan panganan yang menggunakan kedelai sebagai bahan utamanya. Hal ini di karenakan, Kabupaten Banyumas memang dikenal sebagai salah satu produsen olahan tempe dan tahu.

Sejak tahun 1990-an terdapat ratusan unit usaha tahu skala rumahan, salah satunya terdapat di wilayah Desa Kalisari Kecamatan Cilongok. Tak ayal lagi, bahan baku pembuatan templek pun berlimpah.



kuliner khas Banyumas


"Belinya (ampas tahu) dari pasar dan harganyapun murah, cuma sekitar seribu rupiah dapat satu kresek," tambah Mastuti.

Mastuti (49) juga mengatakan bahwa templek itu dijual dengan harga Rp 500 per butir dan saat liburan tiba, penganan ini biasanya laku diborong oleh wisatawan ataum pengunjung dari luar kota, jelasnya.

Salah satu pengunjung, Rastiti mengakui, kebanyakan orang lebih mengenal mendoan ketimbang templek sebagai makanan khas Banyumas, padahal templek juga dikenal dengan rasa yang berbeda yaitu gurih, manis, pedas dan sekaligus membuat si penikmat selalu ketagihan. "Gurihnya itu yang bikin pingin nambah terus," ungkapnya.

Jika penasaran sekaligus ingin mencoba rasa dan tekstur templek, beli saja di penjual gorengan yang ada di Kota Purwokerto. Selain di dapatkan di Pusat Kuliner Prathista Harsa yang berlokasi Jl. Jend Sudirman dengan jarak tempuh 200 meter dari alun-alun Pemerintah Kabupaten Banyumas.(tim)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama